PENGEMBANGAN WEB LEARNING MATERI INTEGRAL TAK TENTU MENGGUNAKAN GOOGLE SITES BERBASIS IMPROVE PADA SISWA KELAS XI SMAN 1 LUWU

SARI, YUANDA (2022) PENGEMBANGAN WEB LEARNING MATERI INTEGRAL TAK TENTU MENGGUNAKAN GOOGLE SITES BERBASIS IMPROVE PADA SISWA KELAS XI SMAN 1 LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of YUANDA SARI.pdf] Text
YUANDA SARI.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK
Yuanda Sari, 2022. Pengembangan web learning materi integral tak tentu
menggunakan google sites berbasis improve pada siswa kelas XI
SMAN 1 Luwu. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika,
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri
(IAIN) Palopo. Dibimbing oleh Rosdiana dan Muhammad Ihsan
Skripsi ini membahas tentang pengembangan web learning materi integral
tak tentu menggunakan google sites berbasis improve pada siswa kelas XI di
SMAN 1 Luwu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, praktikalitas,
dan efektivitas dari produk ini.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan Research and
Development (R&D), dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima
tahapan yaitu analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan
(development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 4 SMAN 1 Luwu. Instrumen yang
digunakan yaitu lembar validasi untuk ahli materi dan media, angket praktikalitas
untuk guru dan siswa, serta lembar soal pretest-posttest siswa untuk mengetahui
keefektifan dari penggunaan produk dalam proses pembelajaran. Adapun teknik
analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif kualitatif dan deskriptif
kuantitatif.
Hasil penilaian berdasarkan angket validasi materi diperoleh skor
persentase 94,38%ِ denganِ kategoriِ “sangatِ valid”.ِ Hasilِ dariِ ahliِ media/desainِ
diperoleh skor persentase 85%ِdenganِkategoriِ“sangatِvalid”.ِHasilِpraktikalitasِ
dari guru diperoleh skor 90,42% denganِ kategoriِ “sangatِ praktis”ِ danِ tingkatِ
praktikalitas oleh siswa diperoleh skor 90% dengan kategori “sangatِ praktis”.ِ
Berdasarkan hasil analisis pretest-posttest diperoleh bahwa rata-rata perolehan
nilai N-gain sebesar 85,92% dengan kategori “tinggi”. Berdasarkan hasil tersebut
dapat disimpulkan bahwa web learning materi integral tak tentu menggunakan
google sites berbasis improve valid, praktis dan efektif digunakan.
Kata Kunci: Integral tak tentu, improve, google sites, web learning.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 08 Feb 2023 02:39
Last Modified: 08 Feb 2023 02:39
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5234

Actions (login required)

View Item View Item