PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM BERGAMBAR TEMA PANAS DAN PERPINDAHANNYA PADA SISWA KELAS V SEMESTER II DI SDN 136 CENDANA HIJAU KECAMATAN WOTU KABUPATEN LUWU TIMUR

HARMI, HARMI (2022) PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM BERGAMBAR TEMA PANAS DAN PERPINDAHANNYA PADA SISWA KELAS V SEMESTER II DI SDN 136 CENDANA HIJAU KECAMATAN WOTU KABUPATEN LUWU TIMUR. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of HARMI.pdf] Text
HARMI.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Harmi, 2022.“Pengembangan Modul Praktikum Bergambar Tema Panas Dan
Perpindahannya Pada Siswa Kelas V Semester II di SDN 136 Cendana
Hijau Kecamatan Wotu Kabupaten Luwu Timur”. Skripsi Program Studi
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh
Pembimbing (I) Bapak Nasaruddin dan Pembimbing (II) Bapak
A.Muhammad Adjiegoena.
Modul adalah bahan ajar yang dapat dipelajari oleh peserta didik secara
mandiri. Skripsi ini membahas sebuah penelitian pengembangan mengenai bahan
ajar modul praktikum bergambar. Tujuan dari penelitian ini untuk memudahkan
peserta didik memahami materi pembelajaran IPA dalam bentuk praktikum dan
peserta didik tidak akan bosan selama proses pembelajaran dengan dibantu oleh
bahan ajar modul.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan Research and
Development (R&D). Dalam mengembangkan bahan ajar modul peneliti
menggunakan model ADDIE. Modul praktikum bergambar yang telah dibuat
divalidasi oleh 3 ahli validator di antaranya: validator materi, validator bahasa dan
validator desain.
Hasil validasi kemudian dianalisis untuk mengetahui kevalidan produk
yang telah ditotalkan dan bernilai sangat valid dengan persentase 88%.Hasil
dibuktikan dengan nilai dari ahli materi 87%, nilai dari ahli bahasa 96% dan nilai
dari ahli desain 82%. Dari hasil data praktikalitas yang telah didapatkan dengan 7
poin yang peneliti telah nilai ada 2 penilaian yang baik dengan persentase 75%
dan ada 5 yang bernilai sangat baik dengan persentase 100%. Total dari
keseluruhan bernilai sangat praktis dengan persentase 92%. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa bahan ajar modul praktikum bergambar layak untuk
digunakan dalam proses pembelajaran. Respon masing-masing peserta didik
terhadap 4 aspek efektif, aspek kreatif, aspek efisien, dan aspek menarik diperoleh
rata-rata dari pengembangan bahan ajar modul praktikum adalah rata-rata 75%
termasuk dalam kategori praktis. Maka dapat disimpulkan bahwa bahan ajar
modul praktikum bergambar untuk peserta didik kelas V semester II di SDN 136
Cendana Hijau Kec. Wotu Kab. Luwu Timur adalah praktis.
Kata kunci:Pengembangan Modul; Praktikum Bergambar; Tema Panas dan
Perpindahannya.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 08 Feb 2023 06:36
Last Modified: 08 Feb 2023 06:36
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5238

Actions (login required)

View Item View Item