NUR LELA M, NUR LELA M (2022) REPRESENTASI EFIKASI DIRI DALAM PEMBELAJARAN DARING SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI PALOPO PADA ERA PANDEMI. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Text
NURLELA M.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Nur Lela, 2021, “Representasi Efikasi Diri Dalam Pembelajaran Daring Siswa
Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri Palopo Pada Era Pandemi”.
Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh
Sukirman dan Salmila.
Skripsi ini membahas tentang representasi efikasi diri dalam pembelajaran
daring siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri palopo pada era pandemi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk representasi efikasi diri siswa
kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri Negeri Palopo dalam pembelajaran daring
dan mengetahui bagaimana keterlibatan keluarga dalam efikasi diri siswa kelas VII
Madrasah Tsanawiyah Negeri Palopo saat pembelajaran daring dilakukan di rumah.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian etnografi
kritis yang membahas isu sosial dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan
data yang digunakan dalam penelitian ini dimulai dari observasi atau pengamatan,
wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri
dengan melibatkan berbagai alat bantu yang digunakan peneliti agar bisa
mendapatkan data secara benar dan akurat. Prosedur dan rancangan penelitian
dilakukan melalui analisis data, korpus data, klasifikasi data, interpretasi dan
penafsiran, mendeskripsikan data, melakukan diskusi hingga menghasilkan
temuan. Keabsahan data dilakukan dengan teknik trianggulasi agar dapat
dipertanggungjawabkan. Analisis temuan dalam penelitian ini melalui langkah
reduksi data, langkah penyajian data, penarikan simpulan dan verifikasi.
Berdasarkan hasil analisis data menunjukan bahwa: (1) representasi efikasi diri
siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri Palopo dalam melaksanakan
pembelajaran daring pada era pandemi terdiri dari efikasi diri tinggi, sedang dan
rendah. Hal tersebut dapat dilihat dari tampilan sikap dan sifat yang ditunjukan
siswa berupa optimisme dan pesimisme, yang melibatkan beberapa indikator di
dalam hal tersebut seperti semangat tinggi, rasa percaya diri, ketekunan dan
kegigihan, serta kurangnya percaya percaya diri, mudah berputus asa dan semangat
belajar yang rendah. (2) Keterlibatan keluarga sangat memengaruhi efikasi diri
siswa VII Madrasah Tsanawiyah Negeri palopo dalam melaksanakan pembelajaran
daring pada era pandemi. Keterlibatan keluarga berupa tindakan dan ucapan serta
pemberian perasaan.
Kata kunci : Representasi, Efikasi diri, Pembelajaran Daring
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam |
Depositing User: | Harding Sulu |
Date Deposited: | 08 Feb 2023 06:52 |
Last Modified: | 08 Feb 2023 06:52 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5240 |
Actions (login required)
View Item |