IMPLEMENTASI FUNGSI MANAJEMEN DALAM PEMBINAAN PRAMUKA IAIN PALOPO

ASMA YANTI, ASMA (2022) IMPLEMENTASI FUNGSI MANAJEMEN DALAM PEMBINAAN PRAMUKA IAIN PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of ASMA YANTI.pdf] Text
ASMA YANTI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Asma Yanti, 2022. “Implementasi Fungsi Manajemen dalam Pembinaan
Pramuka IAIN Palopo”. Skripsi Program Studi Manajemen
Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Drs. Hasri, M.A. dan
Tasdin Tahrim. S.Pd., M.Pd
Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana Implementasi Fungsi Manajemen
dalam Pembinaan Pramuka IAIN Palopo yang bertujuan : (1) Untuk mengetahui
dan mendeskripsikan bagaimana eksistensi organisasi Pramuka di IAIN Palopo;
(2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi fungsi manajemen
dalam pembinaan Pramuka IAIN Palopo; (3) Untuk mengetahui dan
mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan
fungsi manajemen dalam pembinaan Pramuka IAIN Palopo.
Penelitian ini termasuk kedalam penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan
dokumentasi. Adapun data-data yang berhasil terkumpulkan tersebut kemudian
dianalisis mengunakan metode triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pramuka IAIN Palopo telah eksis sejak
tahun 1986 hingga saat ini, selain itu dalam penerapan fungsi manajemen yaitu
perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan benar
derealisasikan oleh Pembina, ditandai dengan adanya visi misi dan tujuan
Pramuka IAIN Palopo, adanya pengurus Pramuka yang terstruktur dan memiliki
tugas masing-masing, serta adanya pengontrolan terhadap kegiatan yang sudah
dilakukan. Terakhir, dalam mengimplementasikan fungsi manajemen dalam
pembinaan Pramuka IAIN Palopo tersebut tentu memiliki faktor pendukung dan
faktor penghambat. Faktor pendukung dalam mengimplementasikan fungsi
manajemen tersebut yaitu adanya dukungan dari pihak kampus akan adanya
kegiatan Pramuka, kemudian adanya fasilitas yang memadai, serta peserta didik
Pramuka IAIN Palopo yang kreatif dalam merencanakan dan melaksanakan suatu
kegiatan. Namun disisi lain ada pula faktor penghambatnya, dimana belum
tertanam dalam diri setiap individu baik pembina mupun peserta didik bagaimana
pentingnya fungsi manajemen, faktor penghambat berikutnya ada pada kondisi
pandemi yang membuat beberapa kegiatan dipaksa untuk dilaksanakan secara
daring (dalam jaringan) hal ini kemudian membuat Pembina kesulitan dalam
mengawasi langsung kegiatan peserta didik.
Kata Kunci : Implementasi, Manajemen, Pembinaan, Pramuka

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 13 Feb 2023 07:09
Last Modified: 13 Feb 2023 07:09
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5266

Actions (login required)

View Item View Item