PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KRISIS MORAL SISWA DI SMAN 6 KOTA PALOPO

ARDIWANG, AHMAD (2022) PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KRISIS MORAL SISWA DI SMAN 6 KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of AHMAD ARDIWANG.pdf] Text
AHMAD ARDIWANG.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Ahmad Ardiwang, 2022. “Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam
Mengatasi Krisis Moral Siswa di SMAN 6 Kota Palopo ”. Skripsi
Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Bulu
dan Alauddin.
Skripsi ini membahas tentang Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam
Mengatasi Krisis Moral Siswa di SMAN 6 Kota Palopo . Adapun yang menjadi
permasalahan dalam skripsi ini, yaitu: 1. Faktor-faktor apa yang menyebabkan
terjadinya krisis moral siswa di SMAN 6 Kota Palopo?, 2. Bagaimana upaya guru
pendidikan Agama Islam dalam mengatasi krisis moral siswa di SMAN 6 Kota
Palapo?, 3. Bagaimana kendala dan cara mengatasi krisis moral siswa di SMAN 6
Kota Palopo?. Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui faktor-faktor
terjadinya krisis moral siswa di SMAN 6 Kota Palopo, 2. Untuk mengetahui
upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi krisis moral siswa di
SMAN 6 Kota Palapo, 3. Untuk mengetahui kendala dan cara mengatasi krisis
moral siswa di SMAN 6 Kota Palopo. Jenis penelitian yang digunakan oleh
penulis adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif. Pendekatan penelitian ini
yakni, psikologis, pedagogis dan sosiologis. Sumber data yang digunakan dalam
penelitian ini yakni data primer melalui studi lapangan (field research) dengan
wawancara kepada Guru Pendididkan Agama Islam dan Murid. Data sekunder
yakni, profil dan sejarah SMAN 6 Kota Palopo. Analisis data yang penulis
gunakan yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Faktor-faktor penyebab terjadinya krisis
moral siswa di SMAN 6 Kota Palopo yakni, pengaruh buruk dari lingkungan,
kurangnya pemahaman Agama dan penyalah gunaan smarphone. 2) Upaya Guru
Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi krisis moral siswa di SMAN 6 Kota
Palopo yakni, memberi sangsi-sangsi secara konstitusional dan membuat berbagai
program-program pembinaan moral. 3) Kendala dan cara mengatasi krisis moral
Siswa SMAN 6 Kota Palopo yakni, siswa mengabaikan sangsi-sangsi yang
ditujukan kepadanya, siswa kurang minat pada program-program pembinaan
moral yang dibuat sekolah dan Guru Pendidikan Agama Islam, kurangnya
kedisiplinan siswa dalam mengikuti program-program pembinaan moral dan masa
pandemic yang membatasi aktivitas-aktivitas pembelajaran.
Kata Kunci : Guru Pendidikan Agama Islam, Krisis Moral, SMAN 6 Kota
Palopo

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 13 Feb 2023 07:19
Last Modified: 13 Feb 2023 07:19
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5267

Actions (login required)

View Item View Item