ANALISIS ORIENTASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN PASCAPANDEMI COVID-19 DI MA SALUBANGA

ALAM, SAMSU (2022) ANALISIS ORIENTASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN PASCAPANDEMI COVID-19 DI MA SALUBANGA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of SKRIPSI SAMSU -  BEBAS PUSTAKA.pdf] Text
SKRIPSI SAMSU - BEBAS PUSTAKA.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK
Samsu Alam, 2022. “Analisis Orientasi Manajemen Pembelajaran Pascapandemi
Covid-19 di MA Salubanga”. Skripsi Program Studi Manajemen
Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Firman dan Rosdiana.
Skripsi ini membahas tentang Analisis Orientasi Manajemen Pembelajaran
Pascapandemi Covid-19 di MA Salubanga. Penelitian ini bertujuan: Untuk
mengetahui Penerapan Manajemen pembelajaran Pascapandemi Covid-19 di MA
Salubanga melalui proses perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran,
evaluasi dan penilaian hasil pembelajaran.
Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan menggunakan pendekatan
penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu
wawancara, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu Guru dan Kepala
Madrasah MA Salubanga. Teknik analisis pada penelitian ini yaitu menggunakan
ATLAS.ti 22.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Manajemen pembelajaran pada
masa Pandemi Covid-19 dimulai dengan menetapkan perencanaan pembelajaran,
kemudian menetapkan pelaksanaan pembelajaran pembelajaran, dan diakhiri
dengan menentukan evaluasi dan penilaian hasil pembelajaran namun tidak
terlaksana secara maksimal. 2) Perencanaan pembelajaran Pascapandemi Covid-19
dimulai dengan menetapkan perangkat pembelajaran, menetapkan pendekatan dan
metode belajar, langkah-langkah kegiatan pembelajaran diakhiri dengan
menetapkan alat dan sumber belajar. 3) Pelaksanaan pembelajaran Pascapandemi
Covid-19 dimulai dengan pengelolaan kelas kemudian dilakukan pengelolaan siswa
dan diakhiri dengan pengelolaan kegiatan pembelajaran. 4) Evaluasi dan Penilaian
Hasil Pembelajaran Pascapandemi Covid-19 dimulai dengan menentukan
perencanaan evaluasi dan penilaian hasil belajar kemudian menentukan
pelaksanaan evaluasi dan diakhiri dengan pengolahan data hasil evaluasi dan
penilaian pembelajaran.
Kata kunci: Orientasi, Manajemen Pembelajaran, MA Salubanga

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 14 Feb 2023 07:19
Last Modified: 14 Feb 2023 07:19
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5305

Actions (login required)

View Item View Item