PENGGUNAAN REWARDS SEBAGAI MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI FIQHI DI KELAS VIII.B SMP PMDS PUTRA KOTA PALOPO

MASNIATI, MASNIATI (2022) PENGGUNAAN REWARDS SEBAGAI MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI FIQHI DI KELAS VIII.B SMP PMDS PUTRA KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of MASNIATI.pdf] Text
MASNIATI.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Masniati “Penggunaan Rewards sebagai Motivasi Belajar Siswa pada Materi
Pelajaran fiqhi di Kelas VIII.B SMP PMDS Putra Kota Palopo” pada
Fakultas Tarbiyah & Ilmu keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam,
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo Pembimbing (I) Munir Yusuf, S.Ag.,
M.Pd. Pembimbing (II) Dr. Taqwa, S.Ag., M.Pd.I.
Kata Kunci : Rewards, Motivasi Belajar Siswa dan fiqhi
Permasalahan pokok pada penelitian ini adalah tentang Penggunaan
Rewards sebagai Stimulan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqhi di
Kelas VIII.B SMP PMDS Putra Kota Palopo”. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk
mengetahui penggunaan rewards sebagai motivasi belajar siswa di kelas VIII.B di
SMP PMDS Putra Palopo. 2) Untuk mengetahui bahwa rewards dapat
menimbulkan motivasi belajar siswa pada materi fiqhi kelas VIII. B dI SMP
PMDS Putra Palopo.
Jenis Penelitian ini merupakan jenis penelitian Kualitatif Deksriptif, yaitu
penelitian yang bertujuan mendeksripsikan hasil penelitian yang ditemukan oleh
penulis di lapangan, dengan menggunakan pendekatan normatif, pedagogis dan
psikologis. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer
melalui studi lapangan (field research) dengan wawancara kepada guru
pendidikan Agama Islam serta siswa dan data sekunder melalui profil SMP
PMDS Putra Kota Palopo yang meliputi foto kegiatan sekolah baik pada saat
proses pembelajaran berlangsung maupun di luar kelas. Analisis data yang
digunakan yakni, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan
verifikasi.
Hasil peneltian ini menunjukkan bahwa; 1) Penggunaan rewards sebagai
stimulan timbulnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqhi kelas VIII
SMP PMDS Putra Palopo yaitu motivasi belajar fiqhi dapat berkembang karena
adanya pendekatan-pendekatan emosional, yang berupa nasihat, bimbingan pada
setiap siswa agar dalam mengerjakan kegiatan sekolah terdorong untuk
melakukan sesuatu, seperti ingin mendapatkan penghargaan terhadap siswa. 2)
Rewards dapat menimbulkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran fiqhi
kelas VIII DI SMP PMDS Putra Palopo untuk belajar meningkat dari sebelumnya
sehingga metode pemberian rewards ini dapat di jadikan acuan sebagai metode
pengajaran yang efektif pada jenjang pendidikan. Peneliti menemukan bahwa
semangat siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran lebih tinggi dengan
adanya pemberian rewards ini.
Implikasi penelitian ini, diharapkan dapat memberikan rekomendasi
kepada guru pendidikan agama Islam untuk penggunaan Rewards sebagai bentuk
peningkatan stimulan motivasi belajar siswa di SMP PMDS Putra Kota Palopo.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 15 Feb 2023 01:27
Last Modified: 15 Feb 2023 01:27
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5319

Actions (login required)

View Item View Item