ASMAD, NURHAFIFAH (2022) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN TERBALIK PADA SISWA KELAS VII MTs NEGERI KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Text
NURHAFIFAH ASMAD.pdf Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK
Nurhafifah Asmad, 2022. Pengembangan Modul Berbasis Model Pembelajaran
Terbalik Pada Siswa Kelas VII MTs Negeri Kota Palopo. Skripsi, Program
Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan,
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo. Dibimbing oleh Nur
Rahmah dan Dwi Risky Arifanti.
Skripsi ini membahas tentang pengembangan modul pembelajaran
matematika pada siswa kelas VII MTs Negeri Kota Palopo. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui hasil pengembangan Modul berbasis model
pembelajaran terbalik memenuhi kriteria valid dan praktis.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Pengembangan (Research and
Development). Untuk menghasilkan produk modul berbasis model pembelajaran
terbalik, peneliti menggunakan model pengembangan ADDIE dengan singkatan
lima tahap pengembangan yaitu: (1) Tahap Analysis (Analisis), (2) Tahap Design
(Desain), (3) Tahap Development (Pengembangan), (4) Tahap Implementation
(Implementasi), (5) Tahap Evaluation (Evaluasi). Penelitian ini dilakukan di MTs
Negeri Kota Palopo. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan guru
matematika kelas VII MTs Negeri Kota Palopo. Sedangkan objek dalam
penelitian ini adalah bahan ajar berupa modul berbasis model pembelajaran
terbalik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah angket validitas dan
angket praktikalitas. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis
deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif.
Penelitian ini menghasilkan prototype akhir berupa Modul berbasis model
pembelajaran terbalik yang dilengkapi dengan petunjuk penggunaan. Selain itu,
dalam modul telah dicantumkan beberapa halaman yaitu: halaman sampul, kata
pengantar, daftar isi, pendahuluan, petunjuk penggunaan modul, deskripsi singkat,
uraian materi, glosarium, daftar Pustaka, dan sampul belakang. Untuk mengetahui
validitas dari produk yang dikembangkan, peneliti memberikan lembar validasi
kepada ahli desain dan ahli materi. Hasil validasi produk dari ahli desain dan ahli
materi memperoleh persentase masing- masing 72,5% dan 75,95% dengan rata�rata skor persentase 74,2% yang artinya valid. Untuk uji kepraktisan modul yang
diperoleh dari siswa memiliki persentase 79,9% dengan kategori praktis dan uji
kepraktisan modul yang diperoleh dari guru memiliki persentase 75% dengan
kategori praktis. Berdasarkan hasil yang diperoleh, modul berbasis model
pembelajaran terbalik layak dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran.
Kata Kunci: Modul Berbasis Model Pembelajaran Terbalik, Segi Empat dan
Segitiga, ADDIE
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Harding Sulu |
Date Deposited: | 15 Feb 2023 06:43 |
Last Modified: | 15 Feb 2023 06:43 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5330 |
Actions (login required)
View Item |