SYAM, RAHMA SYAM (2022) PENGEMBANGAN POTENSI MANUSIA SEBAGAI KHALIFAH DAN MAKHLUK PEDAGOGIS SERTA RELEVANSINYA BAGI PENDIDIKAN ISLAM (Studi Tafsir Al-Misbah Karya M Quraish Shihab). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Text
RAHMA SYAM.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Rahma Syam, 2022. Pengembangan Potensi Manusia sebagai Khalifah dan
Makhluk pedagogis serta Relevansinya bagi Pendidikan Islam
(Studi Tafsir Al-Al-Misbah Karya M. Quraish Shihab). Skripsi
Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing
oleh Bapak Dr. Kaharuddin, M.Pd Bapak Mawardi, S.Ag.,
M.Pd.I
Manusia hidup bukan hanya kebetulan dan sia-sia, Allah telah memilih manusia
dilengkapi dengan berbagai potensi sehingga ia dapat menjalankan tugasnya
dimuka bumi. Namun kenyataan yang dihadapi, manusia belum sepenuhnya
memiliki kesadaran akan potensi yang dimilikinya serta bagaimana
mengembangkan potensi tersebut agar dapat mencapai tujuan hidupnya. Skripsi
ini membahas tentang pengembangan potensi manusia sebagai khalifah dan
makhluk pedagogis dalam QS. al-Baqarah/2: 30-37 serta relevansinya bagi
Pendidikan Islam (studi tafsir al-Misbah karangan M. Quraish shihab). Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui konsep pengembangan potensi manusia sebagai
khalifah dan makhluk pedagogis dalam QS. al-Baqarah/2 : 30-37 berdasarkan
tafsir Al-Misbah serta relevansinya bagi Pendidikan Islam.
Jenis penelitian ini termasuk penelitian studi kepustakaan atau library reseacrh.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan teknik dokumentasi. Penulis membagi
sumber menjadi: data primer, yaitu tafsir Al-Misbah karangan M. Quraish Shihab.
Dan sumber data sekunder dari buku-buku dan jurnal yang berkaitan dengan
pembahasan skripsi ini. Setelah data yang dibutuhkan terkumpul, selanjutnya
menganalisis data dengan menggunakan metode deskripsi, untuk menjelaskan
pokok-pokok penting yang terkait dengan penafsiran ayat tersebut.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: sejak lahir manusia membawa
potensi sebagai khalifah dan sebagai makhluk pedagogis. Pengembangan potensi
dalam QS. al-Baqarah/2: 30-37 berdasarkan tafsir al-Misbah dan relevansinya
bagi pendidikan Islam yaitu tujuan, materi dan metode pendidikan Islam. Pada
aspek tujuan yakni mengembangkan potensi manusia agar manusia dapat
mengoptimalkan dan mengarahkan potensi yang dimiliki tersebut sehingga dapat
teraktualisasi dalam kehidupannya dengan tetap berpegang teguh pada nilai-nilai
ajaran agamanya. Pada aspek materi, materi penyusunan pendidikan islam harus
diarahkan pada pengembangan jiwa dan akal menuju pada keimanan dan
penghambaan kepada Allah swt. sehingga pembentukan dan pengembangan
potensi manusia dapat dicapai sesuai dengan tujuan pendidikan. Adapun metode
dalam proses pengembangan tersebut, menggunakan metode yang efektif dan
efesien sehingga tujuan manusia sebagai hamba dan khalifah di bumi benar-benar
dapat terealisasikan.
Kata Kunci : Tafsir Al-Misbah, Khalifah, Mahkuk Pedagogik, Pendidikan Islam.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Harding Sulu |
Date Deposited: | 16 Feb 2023 00:44 |
Last Modified: | 16 Feb 2023 00:44 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5337 |
Actions (login required)
View Item |