NURATIQAH, NURATIQAH (2022) PENGEMBANGAN VLOG MATEMATIKA PADA MATERI HIMPUNAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BAJO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Text
NURATIQAH.pdf Download (9MB) |
Abstract
ABSTRAK
Nuratiqah, 2022 Pengembangan Vlog Matematika Pada Materi Himpunan
Untuk Meningkatkan Minat Belas Siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bajo.
Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo. Di bimbing
oleh Alia Lestari dan Muhammad Ihsan.
Skripsi ini membahas tentang Pengembangan Vlog Matematika Pada
Materi Himpunan untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMP Negeri 1 Bajo.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa vlog
matematika pada materi himpunan untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas
VII SMP Negeri 1 Bajo.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan Research and
Development (R & D), dengan model Four-D yang terdiri dari empat tahapan
yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan
disseminate (penyebaran). Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Bajo dengan
subjek penelitian yaitu siswa kelas VII-7. Untuk mengetahui kelayakan produk,
peneliti menyebar angket kepada validator ahli materi dan ahli media serta angket
praktis dan angket minat belajar kepada siswa kelas VII di sekolah tersebut.
Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif kualitatif
dan deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian berdasarkan angket validasi ahli media vlog matematika
diperoleh skor persentase 77,5% yang berarti “valid”. Hasil validasi dari ahli
materi/isi vlog matematika diperoleh skor persentase 90% termasuk dalam
kategori “sangat valid”. Hasil praktikalitas pendidik pembelajaran matematika
diperoleh skor persentase sebesar 87,5% dengan kategori “sangat praktis”.
Kemudian tingkat praktikalitas dari peserta didik diperoleh skor rata-rata 84,67%
yang berada pada kategori “sangat praktis”. Dan data hasil angket minat belajar
peserta didik tanpa menggunakan Vlog Matematika diperoleh skor persentase
59,56% pada kategori “cukup baik” dan hasil angket minat belajar peserta didik
menggunakan Vlog Matematika diperoleh skor persentase 77,66% pada kategori
“baik” atau “efektif”. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa vlog
matematika pada materi himpunan layak digunakan dan vlog matematika efektif
dalam meningkatkan minat belajar siswa.
Kata Kunci : Vlog, Media Pembelajaran, Minat Belajar, Himpunan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Harding Sulu |
Date Deposited: | 16 Feb 2023 02:06 |
Last Modified: | 16 Feb 2023 02:06 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5345 |
Actions (login required)
View Item |