PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA ROLLING BALL GAME PADA SUBTEMA 1 KOMPONEN EKOSISTEM UNTUK KELAS V DI SDN 38 BORA PALOPO

TUKINA, TUKINA (2022) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA ROLLING BALL GAME PADA SUBTEMA 1 KOMPONEN EKOSISTEM UNTUK KELAS V DI SDN 38 BORA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of TUKINA.pdf] Text
TUKINA.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK
Tukina, 2021. “Pengembangan Model Pembelajaran Interaktif Teams Games
Tournament Berbantuan Media Rolling Ball Game pada
Subtema 1 Komponen Ekosistem untuk Kelas V SDN 38 Bora
Palopo”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah
Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Dr.Baderiah
M.Ag. dan Dr. Firman, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan semangat dan hasil belajar siswa
dengan menggunakan model pembelajaran interaktif teams games tournament
berbantuan media rolling ball game. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian
pengembangan Research and Development (R & D). Pada penelitian ini
menggunakan model pengembangan Dick & Carey yang terdiri dari 10 tahapan,
tetapi peneliti hanya menggunakan 5 tahapan saja. Pada tahapan analisis
dilakukan untuk menganalisis kebutuhan pembelajaran yang terdiri dari analisis
tujuan pembelajaran, analisis karakteristik peserta didik, mengembangkan
instrumen penelitian, mengembangkan strategi pembelajaran, dan
mengembangkan bahan ajar. Model yang telah dibuat selanjutnya divalidasi oleh
3 validator di antanya: validator design, validator bahasa, dan validator materi.
Hasil validasi kemudian dianalisis untuk mengetahui kevalidan produk yang telah
ditotalkan dan bernilai sangat valid dengan presentase 85.7%. Hasil dibuktikan
dengan nilai dari ahli materi 80%, nilai dari ahli bahasa 90%, dan nilai dari ahli
desain 87%. Dari hasil data praktikalitas yang telah didapatkan diketahui bahwa
terdapat 7 poin yang peneliti nila ada 6 yang baik dengan presentase 75% dan ada
1 yang sangat baik dengan presentase 100%. Total dari keseluruhan bernilai
sangat praktis dengan presentase 90%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan
bahwa dengan adanya model pembelajaran ini dapat meningkatkan semangat dan
hasil belajar peserta didik.
Kata kunci: Pengembangan Model Pembelajaran, Teams Games Tournament,
Media Rolling Ball Game.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 16 Feb 2023 02:30
Last Modified: 16 Feb 2023 02:30
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5349

Actions (login required)

View Item View Item