ELVIANI B, ELVIANI B (2022) MANAJEMEN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (DISTANCE LEARNING) PADA MASA PANDEMIK COVID�19 DI MTs OPU DAENG RISAJU PALO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Text
ELVIANI B.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK
Elviani B, 2021 “Manajemen Pembelajaran Jarak Jauh (Distance Learning)
Pada masa Pandemik Covid-19 di MTs Opu Daeng Risaju
Palopo”. Skripsi Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam
Negeri Palopo. Dibimbing oleh Hilal Mahmud. dan Nilam
Permatasari.
Skripsi ini membahas tentang Manajemen Pembelajaran Jarak Jauh (distance
learning) pada masa Pandemik Covid-19 di MTs Opu Daeng Risaju Palopo.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses manajemen pembelajaran jarak
jauh pada masa pandemik covid-19. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian deskriptif dengan pendekatan kualititatif. Teknik pengumpulan data
yang digunakan yaitu observasi,wawancara, dan studi dokumentasi. Subjek
penelitian terdiri dari Kepala Sekolah, dan guru. Hasil penelitian ini
mengemukakan bahwa Manajemen Pembelajaran Jarak Jauh pada masa
pandemik covid-19 di MTs Opu Deang Risaju Palopo telah terlaksana. Hal ini
dapat dilihat dari proses manajemen yang menggunakan empat tahapan
manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan.
Perencanaan pembelajaran jarak jauh menetapkan Tujuan, penyusun perangkat
pembelajaran, RPP, silabus, dan program penilaian secara mandiri.
Pengorganisasian kepala sekolah menerbitkan SK mengajar kepada guru bidang
studi sesuai dengan latar belakang pendidikannya, dan guru mengajar sesuai
dengan bidang tugasnya dan jadwal yang telah ditetapkan. Pelaksanaan
pembelajaran dilakukan secara online, guru mengikuti pelatihan selama 3 hari
mengenai bagaimana menggunakan aplikasi pembelajaran dan menciptakan
bahan ajar secara online, bebarapa aplikasi yang digunakan yaitu
Classroom,whatshapp grub, dan zoom. Pengawasan pembelajaran yaitu kepala
sekolah sebagai supervisor melakukan monitoring mengenai proses
pembelajaran jarak jauh, pemantauan guru-guru dan pengisian standar kinerja
kepada guru-guru untuk mengukur keberhasilan proses pembelajaran jarak jauh.
Dengan adanya kendala dimasa pandemik covid-19 mengenai pembelajaran
jarak jauh sulitnya siswa mendapat jaringan, kuota internet yang tidak tersedia,
beberapa guru kesulitan menggunakan aplikasi pembelajaran, banyak siswa yang
tidak gabung saat pembealajaran dimulai dan hanya hadir ketika absen,
KataKunci:Manajemen,Pembelajaran Jarak Jauh, PandemikCovid-19
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Harding Sulu |
Date Deposited: | 16 Feb 2023 06:57 |
Last Modified: | 16 Feb 2023 06:57 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5358 |
Actions (login required)
View Item |