VISTA, PUTRI (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SOFTWARE SWISHMAXPOKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR PADA SISWA KELAS VIII SMPN 5 SATAP BAEBUNTA KABUPATEN LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Text
PUTRI VISTA.pdf Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK
Putri Vista, 2022 Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Software
Swishsmax Pokok Bahsan Bangun Ruang Sisi Datar Pada Siswa
Kelas VIII SMPN 5 Satap Baeebunta Kabupaten Luwu Utara. Skripsi
Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo. Dibimbing
oleh Rosdiana dan Nur Rahmah.
Skripsi ini membahas tentang pengembangan media pembelajaran
berbasisi software swishmax pokok bahasan bangun ruang sisi datar di SMPN 5
Satap Baebunta Kabupaten Luwu Utara. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui prototype pengembangan media pembelajaran berbasisi software
swishmax pokok bahasan bangun ruang sisi datar di SMPN 5 Satap Baebunta
Kabupaten Luwu Utara serta mengetahui media pembelajaran berbasisi software
swishmax pokok bahasan bangun ruang sisi datar di SMPN 5 Satap Baebunta
Kabupaten Luwu Utara memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.
Jenis penelitian ini adalah Research and development (R&D) dengan
pendekatan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analisis (analyze), desain
(design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan
evaluasi (evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMPN 5 Satap Baebunta dengan
subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII di sekolah tersebut.
Prototype akhir dari media pembelajaran yang dikembangkan terdiri dari
beberapa slide yaitu, halaman pembuka, halaman poin-point, halaman tujuan
pembelajaran, halaman materi, halaman contoh soal, halaman soal dan halaman
profil. Untuk mengetahui kevalidan media yang dikembangkan, dilakukan uji
validasi oleh validator ahli maedia dan ahli materi. Hasil penilaian dari ahli media
(70,45%) dengan kategori valid, ahli materi (77,5%) dengan kategori valid dan
praktikalitas pendidik (75%) praktikalitas peserta didik (75%) dengan kategori
valid. Kemudian hassil keefektifan dari peserta didik diperoleh skor 0,38 dengan
kategori peningkatan sedang atau efektif.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Swishmax, Bangun Ruang sisi Datar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika |
Depositing User: | Harding Sulu |
Date Deposited: | 16 Feb 2023 08:10 |
Last Modified: | 16 Feb 2023 08:10 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5364 |
Actions (login required)
View Item |