UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN NILAI-NILAI AKHLAK TERHADAP KESADARAN BERAGAMA PESERTA DIDIK DI SMPN 3 PALOPO

ILHAM, ILPAN (2022) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN NILAI-NILAI AKHLAK TERHADAP KESADARAN BERAGAMA PESERTA DIDIK DI SMPN 3 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of ILPAN ILHAM.pdf] Text
ILPAN ILHAM.pdf

Download (836kB)

Abstract

ABSTRAK
Ilpan Ilham, 2022, Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam
Mengembangkan Nilai-nilai Akhlak Terhadap Kesadaran
Beragama Peserta Didik Di SMPN 3 Palopo. Kel. Salekoe, Kec.
Wara Timur Kota Palopo Skripsi Program Studi Pendidikan
Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Islam Negeri Palopo. Pembimbing (1) Dr. Hasbi, M. Ag,
(2) Makmur, S. Pd. I., M. Pd. I.
Skripsi ini membahas tentang Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam
Mengembangkan Nilai-nilai Akhlak Terhadap Kesadaran Beragama Peserta Didik
Di SMPN 3 Palopo, Kec. Wara Timur Kota Palopo. Peneliti ini bertujuan 1).
untuk mengetahui upaya guru pendidikan agama islam dalam mengembangkan
nilai-nilai akhlak terhadap kesadaran beragama perserta didik, 2). Untuk
mengetahui usaha yang dilakukan Guru pendidkan agama islam untuk
mengembangkan nilai-nilai akhlak kesadaran beragama kepada peserta didiknya.
jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian
kualitatif deskriptif yang akan menggambarkan fakta yang ada di lapangan.
Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dengan melakukan
pengamatan langsung subjek yang menjadi bahan penelitian yang menjadi
masalah yang akan diteliti, dan melakukan wawancara untuk mengumpulkan data
dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan reduksi data, penyajian data
dan penarikan simpulan. Pengecekan keabsaan data menggunakan hasil trigulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) upaya guru pendidikan agama
islam dalam mengembangkan nilai-nilai akhlak terhadap kesadaran beragama
peserta didik di SMPN 3 Palopo tergolong cukup baik, hal tersebut dapat dilihat
dari cara mendidiknya bersifat layaknya seperti orang tuanya, peduli dengan
peserta didiknya, terampil berkomunikasi, tegas dan profesional. 2) berkenan
dengan mengembangkan nilai-nilai akhlak kesadaran beragama terhadap peserta
didik maka guru pendidikan agama islam berkenan untuk mengadakan praktik
sholat, guna memperbaiki sholat peserta didik hal ini diminta langsung oleh pihak
kepala sekolah, yang bertujuan untuk memperbaiki sholat peserta didik.
Kata kunci : Upaya, Guru Pendidikan Agama Islam, Mengembangkan Akhlak
Kesadaran Beragama.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 20 Feb 2023 01:32
Last Modified: 20 Feb 2023 01:32
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5392

Actions (login required)

View Item View Item