SEPTILIA, ANANDA NADILA (2022) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN BANK MUAMALAT INDONESIA UNTUK MENARIK NASABAH DI KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Text
ANANDA NADILA SEPTILIA.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Ananda Nadila Septilia, 2022. “Strategi Komunikasi Pemasaran Bank Muamalat
Indonesia untuk Menarik Nasabah di Kota Palopo”.
Skripsi Program Studi Perbankan Syariah Fakultas
Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam
Negeri Palopo. Dibimbing oleh Jumarni.
Skripsi ini membahas tentang Strategi Komunikasi Pemasaran Bank Muamalat
Indonesia untuk Menarik Nasabah di Kota Palopo. Adapun tujuan dari penelitian ini
untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi komunikasi pemasaran dan kendala�kendala strategi pemasaran apa yang dihadapi Bank Muamalat KCP Kota Palopo.
Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis
penelitian lapangan di mana sumber data primer diperoleh langsung di Kantor Bank
Muamalat KCP Kota Palopo sedangkan data sekunder diperoleh dari buku, dokumen
maupun jurnal. Informasi dari sumber data primer digali dengan lebih mendalam melalui
teknik wawancara kepada Karyawan Bank Muamalat KCP Palopo dengan masa
penelitian ± 1 bulan yang dilaksanakan pada tanggal 23 Agustus 2022 sampai dengan 23
september 2022. Analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi/pengumpulan data,
sajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian pertama menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran
yang dilakukan dan diterapkan oleh Bank Muamalat KCP Palopo adalah dengan
memanfaatkan berbagai media yang ada seperti media sosial maupun media cetak,
kemudian dengan bersosialisasi langsung kepada masyarakat dan melakukan kunjungan
keberbagai sekolah. Hal ini merupakan strategi untuk menarik perhatian masyarakat dan
terus berupaya untuk mendapatkan nasabah-nasabah baru. Hasil penelitian kedua
menunjukkan bahwa kendala-kendala yang dialami Bank Muamalat KCP Palopo ketika
menjalankan strategi pemasaran yaitu kurangnya ketertarikan dan pengetahuan
masyarakat mengenai Bank Muamalat, kemudian kurangnya sumber daya manusia yang
melakukan kegiatan pemasaran, selanjutnya kurangnya pengetahuan masyarakat
mengenai perbedaan bank syariah dan bank konvesional.
Kata Kunci: Strategi, Komunikasi Pemasaran, Bank Syariah.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 332.1 Bank, Perbankan |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah |
Depositing User: | Harding Sulu |
Date Deposited: | 20 Feb 2023 06:49 |
Last Modified: | 20 Feb 2023 06:49 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5396 |
Actions (login required)
View Item |