MEGAWATI M, MEGAWATI M (2022) STRATEGI INOVASI PRODUK SDALAM PENINGKATAN KEPUASAAN PELANGGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
SKRIPSI MEGAWATI.M 2022.PDF Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK
Megawati. M, 2022.“Strategi Inovasi Produk Dalam Peningkatan Kepuasaan
Pelanggan UMKM Kota Palopo” Skripsi Program Studi
Manajemen Bisnis Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Islam Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh
Edi Indra Setiawan, S.E.,M.M
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi inovasi produk dalam
meningkatkan kepuasaan pelanggan UMKM Kota Palopo. Manfaat penelitian ini
ada dua yakni manfaat secara teoris dan praktis. Penelitian ini menggunakan
metode penelitian kualitatif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data
diperoleh dari analisis data mulai dari teknik reduksi data dan penarikan
kesimpulan. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1. Strategi inovasi
produk UMKM Kota Palopo diterapkan dengan menggunakan konsep inovasi
produk re-arrange (mengatur ulang) dan simplity (menyederhaankan). 2.
Kebijakan pemerintah Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Palopo kreatif
sebagai tempat untuk mengapresiasikan kualitas pelayanan dan produk baru yang
telah diinovasi oleh UMKM Berbasis Ekonomi Kreatif Kota Palopo. Subjek
penelitian ini yakni sepuluh UMKM Berbasis untuk memberikan fasilitas berupa
tempat pelatihan dan panggung Ekonomi Kreatif Kota Palopo dan Dinas
Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Palopo serta terkait dengan penelitian
terdahulu yang relevan. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa sterategi
inovasi produk dalam peningkatan kepuasaan pelanggan UMKM Berbasis
Ekonomi Kreatif Kota Palopo meskipun terhalang oleh beberapa kendala seperti
kekurangan sumber daya manusia, kekukurangan modal dan penguasaan
teknologi keikutsertaan pemerintah untuk memberikan dukungan dan bantuan
juga sangat berpengaruh terhadap penerapan konsep re arrange (mengatur ulang )
dan simplity (menyederhanakan) strategi inovasi produk yang dilakukan UMKM
Berbasis Ekonomi Kreatif Kota Palopo dalam meningkatkan kepuasaan
pelanggan.
Kata Kunci : Strategi Inovasi Produk, UMKM
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 650 Bisnis |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | Muh. Afandhy Amir |
Date Deposited: | 20 Feb 2023 07:01 |
Last Modified: | 20 Feb 2023 07:01 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5399 |
Actions (login required)
View Item |