ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP INTEGRAL HIDAYATULLAH PALOPO DENGAN MENGGUNAKAN GRADED RESPONSE MODELS (GRM)

RULTI, SALDA WIDYA (2022) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP INTEGRAL HIDAYATULLAH PALOPO DENGAN MENGGUNAKAN GRADED RESPONSE MODELS (GRM). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of SALDA WIDYA RULTI.pdf] Text
SALDA WIDYA RULTI.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Salda Widya Rulti, 2022. “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa
dengan Menggunakan Graded Response Models (GRM)
Kelas VIII SMP Integral Hidayatullah Palopo”. Skripsi
Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam
Negeri Palopo. Dibimbing oleh Nasaruddin dan Lisa
Aditya Dwiwansyah Musa.
Kemampuan berpikir, khususnya berpikir kritis sangat diperlukan dalam
setiap aktivitas salah satunya dalam menyelesaikan masalah matematika. Dalam
kegiatan belajar, siswa sering dihadapkan pada masalah yang harus di pecahkan,
khususnya dalam menyelesaiakan soal-soal. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui bagaimana kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan
menggunakan Graded Response Models (GRM) di SMP Integral Hidayatullah
Palopo.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan
kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Integral
Hidayatullah Palopo pada tahun ajaran 2021/2022 sebanyak 14 siswa. Sampel dari
penelitian ini didapat dari teknik purpisive sampling dimana taknik pengambilan
sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu. Metode pengumpulan data
dilakukan dengan menggunakan tes dan wawancara. Instrumen penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan wawancara.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Dari 14 siswa yang mengikuti
tes, 2 siswa memiliki kemampuan berpikir kritis matematis tinggi, 4 siswa siswa
memiliki kemampuan berpikir kritis matematis sedang, dan 8 siswa memiliki
kemampuan berpikir kritis matematis rendah. Dilihat dari hasil persentase,
siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis matematis tinggi,
siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis matematis sedang, dan
siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis matematis rendah.
Siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis matematis tinggi mampu
memenuhi semua kriteria kemampuan berpikir kritis matematis focus, reason,
inference, situation, clarity, dan overview, siswa yang memiliki kemampuan
berpikir kritis matematis sedang hanya mampu memenuhi kriteria kemampuan
berpikir kritis matematis focus, reason, situation, dan clarity, sedangkan siswa
yang memiliki kemampuan berpikir kritis matematis rendah hanya mampu
memenuhi kriteria kemampuan berpikir kritis matematis focus dan clarity.
Kata Kunci: Graded Response Models (GRM), Kemampuan Berpikir Kritis
Matematis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 21 Feb 2023 00:18
Last Modified: 21 Feb 2023 00:18
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5406

Actions (login required)

View Item View Item