MASRI, FATHANIA (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBANTUAN CALIBRE PADA PEMBAHASAN MATERI RELASI DAN FUNGSI DI SMP NEGERI 5 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Text
FATHANIA MASRI.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK
Fathania Masri, 2022 Pengembangan E-modul Berbantuan Matematika
Berbantuan Calibre Pada Pembahasan Materi Relasi dan Fungsi di SMP
Negeri 5 Palopo. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas
Tarbiah Dan Ilmu Keguruan,Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo,
Di bimbing oleh Munir Yusuf dan Nilam Permatasari Munir.
Skripsi ini membahas tentang Pengembangan e-modul matematika Berbantuan
calibre Pada Pokok Bahasan Relasi dan Fungsi di SMP Negeri 5 Palopo.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran prototype pengembangan e�modul matematika berbantuan calibre Pada Pembahasan Relasi dan Fungsi. Jenis
penelitian ini adalah penelitian pengembangan Research and Development (R &
D), dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analisis (analyze),
desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation),
dan evaluasi (evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 5 Palopo
dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII. Untuk mengetahui kelayakan
produk, peneliti menyebar angket kepada validator ahli materi dan ahli media
serta angket praktis dan angket efektifan kepada siswa kelas VIII di sekolah
tersebut.. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data
deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penilaian berdasarkan angket
angket validasi ahli media dan desain e-modul diperoleh skor persentase 79,16%
yang berarti “valid”. Hasil validasi dari ahli materi/isi e-modul diperoleh skor
persentase 82,5% termasuk dalam kategori “sangat valid”. Hasil praktikalitas dari
pendidik pembelajaran matematika didapatkan skor persentase sebesar 85,86%
dengan kategori”sangat praktis”. Kemudian tingkat praktikalitas dari peserta didik
diperoleh skor rata-rata 79,86% yang berada pada kategori “praktis”. Dan hasil
keefektifan dari peserta didik diperoleh skor 0,34 dengan kategori “Peningkatan
sedang” atau “efektif”. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwae�modul berbantuan calibre pada pembahasan materi relasi dan fungsi valid, praktis
dan efektif untuk dijadikan sebagai media pembelajaran.
Kata Kunci :Calibre, E-modul, Pengembangan, Media Pembelajaran, Relasi dan
Fungsi
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Harding Sulu |
Date Deposited: | 21 Feb 2023 01:52 |
Last Modified: | 21 Feb 2023 01:52 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5416 |
Actions (login required)
View Item |