ISMAWATI, ISMAWATI (2022) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 2 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Text
ISMAWATI.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Ismawati, 2022. “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan
Akhlak Siswa di SMK Negeri 2 Palopo” Skripsi Progaram Studi
Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Islam Negeri Palopo, Dibimbing oleh Bapak Dr. H. Muhazzab
Said, M. Si. dan Bapak Makmur, S.Pd.I., M.Pd.I.
Skripsi ini membahas tentang upaya guru pendidikan agama Islam dalam
pembinaan akhlak siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Palopo.
dalam hal ini guru berupaya menjadikan siswa agar berakhlakul karimah. Untuk
itu tujuan penelitian dalam skripsi ini yaitu mengetahui : (1) Gambaran akhlak
siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Palopo (2) Upaya guru
pendidikan agama Islam dalam Pembinaan akhlak siswa di Sekolah Menengah
Kejuruan (SMK) Negeri 2 Palopo (3) Faktor pendukung dan penghambat guru
pendidikan agama Islam dalam Pembinaan akhlak siswa di Sekolah Menengah
Kejuruan (SMK) Negeri 2 Palopo.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang bersifat
deskriptif. Informan pada penelitian ini yaitu wakil kepala sekolah bidang
kesiswaan dan 2 guru pendidikan agama Islam. Hasil penelitian ini didapatkan
dengan melalui proses observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik
analisis datannya yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau
verifikasi.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa siswa di Sekolah Menengah
Kejuruan (SMK) Negeri 2 Palopo masih membutuhkan pembinaan akhlak karena
sebagian siswanya memiliki akhlak yang kurang baik. Adapun upaya yang
dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan akhlak siswa di
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Palopo yaitu: keteladanan,
pemberian nasehat, mengarahkan siswa mengikuti kegiatan rohani Islamiyah
(rohis), dan pemberian hukuman yang sesuai dengan kesalahan yang dilakukan
oleh siswa. Kemudian faktor pendukung pembinaan akhlak di Sekolah Menengah
Kejuruan (SMK) Negeri 2 palopo yaitu adanya kemauan dari siswa itu sendiri
sehingga memiliki semangat memperbaiki akhlak menjadi lebih baik, adanya
kesadaran tanggung jawab dari guru pendidikan agama Islam, lingkungan sekolah
yang kondusif, kerjasama semua pihak sekolah dan kerjasama dengan orang tua
siswa dalam membina akhlak anak, serta sarana dan prasarana. Sementara faktor
penghambatnya yaitu dari sekian banyak siswa di sekolah tidak semua memiliki
kesadaran untuk menjadi lebih baik, sebagian siswanya memiliki tingkat
kesadaran yang rendah sehingga sulit menerima arahan, pergaulan siswa yang
kurang baik, dan pengaruh penggunaan tekhnologi yang kurang tepat dan tanpa
pengawasan dari orang tua.
Kata Kunci: Upaya, Guru Pendidikan Agama Islam, dan Pembinaan Akhlak.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Harding Sulu |
Date Deposited: | 21 Feb 2023 06:18 |
Last Modified: | 21 Feb 2023 06:18 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5427 |
Actions (login required)
View Item |