STRATEGI PEMASARAN PRODUK GADAI EMAS PADA BANK SYARIAH INDONESIA (STUDI KCP MASAMBA)

RAHMA, ELVIRA (2022) STRATEGI PEMASARAN PRODUK GADAI EMAS PADA BANK SYARIAH INDONESIA (STUDI KCP MASAMBA). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Elvira Rahma fiksss bangetttttt.pdf] Text
Elvira Rahma fiksss bangetttttt.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Elvira Rahma, 2022. “Strategi Pemasaran Produk Gadai Emas Pada Bank
Syariah Indonesia (Studi KCP Masamba)”. Skripsi
Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan
Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh Arzalsyah.
Skripsi ini membahas tentang Strategi Pemasaran Produk Gadai Emas
pada Bank Syariah Indonesia KCP Masamba. Penelitian ini bertujuan: untuk
mengetahui bagaimana strategi pemasaran produk gadai emas pada Bank Syariah
Indonesia KCP Masamba.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Sumber data
adalah primer. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan
dokumentasi, informan penelitian yaitu beberapa karyawan dalam bidang produk
gadai emas yang mengetahui terkait masalah penelitian.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Strategi pemasaran produk
gadai emas yang dilakukan Bank Syariah Indonesia KCP Masamba yaitu: Dengan
menggunakan Marketing Mix (bauran pemasaran) yang terdiri dari 4P unsur yaitu
Produk, Harga, Lokasi dan Promosi, yang mana dengan menggunakan perumusan
strategi pemasaran tersebut bertujuan untuk menarik dan mempertahankan
loyalitas para nasabah. Sedangkan analisis SWOT strategi pemasaran produk
gadai emas pada Bank Syariah Indonesia KCP Masamba yaitu: 1) Kekuatan,
mekanisme pencairan dana langsung melalui rekening simpanan nasabah,
ketentuan persyaratan yang mudah, pelayanan yang sopan, ramah, dan beban
penitipan yang lebih murah, 2) Kelemahan, kurangnya tenaga kerja karyawan di
devisi gadai, alat penaksiran emas yang kurang memadai, proses pembukaan
rekening baru membuat proses gadai menjadi lebih lama. 3) Peluang, memiliki
potensi pasar yang baik, wilayah kantor yang strategis, 4) Ancaman, pada
umumnya masyarakat lebih mengenal tata cara gadai emas secara konvensional
dari pada secara syariah atau rahn emas, kurangnya pemahaman masyarakat
terkait Perbankan Syariah, lembaga non bank mampu menawarkan pembiayaan
yang lebih tinggi.
Kata kunci: Strategi Pemasaran, Gadai Emas, BSI

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 346.08 Hukum Bank, Hukum Perbankan dan Hukum Asuransi
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 22 Feb 2023 01:02
Last Modified: 22 Feb 2023 01:02
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5442

Actions (login required)

View Item View Item