HERLINDA, HERLINDA (2022) STRATEGI SEGMENTASI PASAR DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH PADA BANK SYARIAH INDONESIA (STUDI PADA BSI KCP ENREKANG). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Text
HERLINDA.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Herlinda, 2022. “Strategi Segmentasi Pasar Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah
Pada Bank Syariah Indonesia (Studi Pada BSI KCP Enrekang)”. Skripsi
Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Akbar Sabani.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa peningkatan jumlah
nasabah pada Bank Syariah Indonesia KCP Enrekang mengalami penurunan dari tahun
2017 sampai 2019. Menurunnya jumlah nasabah disebabkan oleh pembagian pasar yang
belum berjalan secara optimal. Dalam pencapaian target tersebut tentunya harus
melakukan strategi segmentasi pasar yang tepat agar sesuai dengan target yang ingin
dicapai. Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimana analisis SWOT segmentasi
pasar Bank Syariah Indonesia KCP Enrekang dalam meningkatkan jumlah nasabah,
bagaimana penerapan strategi segmentasi pasar Bank Syariah Indonesia KCP Enrekang
dalam meningkatkan jumlah nasabah, dan bagaimana peningkatan jumlah nasabah Bank
Syariah Indonesia KCP Enrekang dengan strategi segmentasi pasar.
Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif, pendekatan yang
digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif sedangkan teknik analisis data
yang digunakan bersifat induktif. Lokasi penelitian di Bank Syariah Indonesia KCP
Enrekang. Sumber data yang digunakan dalam penelitian adalah data primer dengan
teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan
teknik yang dilakukan untuk mengetahui keabsahan data adalah teknik trianggulasi
sumber.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Analisis SWOT segmentasi pasar
Bank Syariah Indonesia KCP Enrekang yaitu kekuatan, dana yang dikelola berdasarkan
prinsip syariah, bebas biaya administrasi bulanan, saldo dapat ditarik sewaktu-waktu.
Kelemahan, promosi belum optimal, fasilitas ATM terbatas, rendahnya kualitas SDM.
Peluang, memiliki potensi pasar yang baik, lokasi kantor yang strategis, kantor hanya
satu. Ancaman, produk yang serupa, kurangnya pemahaman masyarakat tentang Bank
Syariah Indonesia KCP Enrekang, dan adanya teknologi baru. 2) Penerapan strategi
segmentasi pasar dalam meningkatkan jumlah nasabah di Bank Syariah Indonesia KCP
Enrekang dengan elemen bauran pemasaran (marketing mix) yang terdiri dari: strategi
product, strategi price, strategi place, dan strategi promotion. 3) Peningkatan jumlah
nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Enrekang dengan strategi segmentasi pasar dari
tahun 2020 sampai 2021 meningkat dikarenakan pembagian pasar yang sudah berjalan
secara optimal.
Kata Kunci: Segmentasi Pasar, Meningkatan Jumlah Nasabah, Bank Syariah Indonesia
KCP Enrekang
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 332.1 Bank, Perbankan |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah |
Depositing User: | Harding Sulu |
Date Deposited: | 22 Feb 2023 01:10 |
Last Modified: | 22 Feb 2023 01:10 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5445 |
Actions (login required)
View Item |