STRATEGI KOMUNIKASI GURU TERHADAP SISWA DALAM MENANAMKAN NILAI TAQWA DI MAN PALOPO

RAHMAN, RAHMAN (2020) STRATEGI KOMUNIKASI GURU TERHADAP SISWA DALAM MENANAMKAN NILAI TAQWA DI MAN PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of RAHMAN.pdf] Text
RAHMAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
RAHMAN, 2020. Strategi Komunikasi Guru Terhadap Siswa Dalam
Menanamkan Nilai Taqwa Di MAN Palopo. Program Studi Komunikasi dan
Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD), Institut
Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo. Pembimbing 1; Baso Hasyim, Pembimbing
2; Wahyuni Husain.
Manusia melakukan suatu hubungan, karena manusia adalah makhluk sosial yang
tidak bisa hidup sendiri. Apabila ingin menjadi komunikasi yang efektif
diperlukan strategi komunikasi, dalam hal ini strategi komunikasi Guru terhadap
murid dalam menanamkan nilai-nilai Agama di MAN Palopo. Berdasarkan
konteks di atas, maka pertanyaannya adalah bagaimana strategi komunikasi Guru
terhadap siswa kelas X dalam menanamkan nilai-nilai Taqwa di MAN Palopo.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode
deskriptif. Penelitian ini difokuskan untuk mengetahui bagaimana strategi
komunikasi Guru terhada psiswa dalam menanamkan nilai-nilai Taqwa yang
meliputi pengenalan khalayak, penyusun anpesan, penetapan metode, dan media
komunikasi. Teori yang digunakan adalah yang sudah diketengahkan oleh para
ahli, tetapi untuk strategi komunikasi yang memadai untuk dijadikan pendukun
gstrategi komunikasi ialah apa yang di kemukakan oleh Harold Laswell yang
meliputi unsur-unsur komunikasi yaitu who, says what, in which channel, whom,
with what effect. Siswa di MAN Palopo menunjukkan bahwa strategi komunikasi
sudah menggunakan tahapan-tahapan dalam komunikasi yakni pengenalan
khalayak dengan memahami kerangka referensi dan situasi dan kondisi.
Penyusunan pesan menggunakan pesan yang dapat menarik perhatian khalayak,
tanda-tanda yang disesuaikan dengan acuan khalayak, sertaboth sides issue.
Pemilihan media yang berbentuk media konvesional dan media interaktif.
Penetapan metode yang digunakan yaitu redundancy atau repetition, imformative,
persuasive, educative, dan coursive. Untuk menjadikan komunikasi yang efektif,
haruslah dibangun strategi komunikasi di setiap sekolah, lembaga, maupun
organisasi.
Kata Kunci :Strategi, Komunikasi, Efektif, Taqwa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi S-1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 22 Feb 2023 06:43
Last Modified: 22 Feb 2023 06:43
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5466

Actions (login required)

View Item View Item