PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PENYANDANG TUNAGRAHITA DI SMPLB NEGERI 1 PALOPO

SALMIA, SALMIA (2022) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PENYANDANG TUNAGRAHITA DI SMPLB NEGERI 1 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of SALMIA.pdf] Text
SALMIA.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Salmia, 2022. “Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada
Penyandang Tunagrahita di SMPLB Negeri 1 Palopo” Skripsi Program
Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Abdul Pirol dan
Alauddin.
Skripsi ini membahas Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama
Islam Pada Penyandang Tunagrahita di SMPLB Negeri 1 Palopo. Adapun tujuan
penelitian adalah sebagai berikut: 1) Untuk mengetahui problematika
pembelajaran pendidikan agama Islam yang dihadapi oleh peserta didik terhadap
penyandang difabel tunagrahita di SMPLB Negeri 1 Palopo: dan 2) Untuk
mengetahui solusi yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam di SMPLB
Negeri 1 Palopo mengatasi kesulitan-kesulitan belajar yang dialami oleh peserta
didiknya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif
deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam meliputi data primer dan
sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan datanya adalah triangulasi
xxi
dan Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data,
penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)
Problematika pembelajaran pendidikan agama Islam yang dihadapi oleh peserta
didik terhadap penyandang difabel tunagrahita di SMPLB Negeri 1 Palopo
terdapat dua problem yaitu problem dari peserta didik dan pendidik. Problem dari
peserta didik adalah penyandang tunagrahita berbeda dari peserta didik pada
umumnya. Tunagrahita peserta didik yang lebih khusus karena guru pendidikan
agama Islam harus melaksanakan pembelajaran secara individual berdasarkan
tingkat kecacatan pada setiap peserta didik, meskipun dalam satu kelas terdapat
lebih dari satu peserta. Peserta didik penyandang tunagrahita biasanya terkendala
pada karakter daya pikir mereka. Problem bagi guru adalah guru pendidikan
agama Islam tidak memiliki alat peraga dan tidak pernah mengikuti pelatihan
untuk mengajar pada peserta didik tunagrahita. 2) Solusi yang dilakukan oleh guru
pendidikan agama Islam di SMPLB Negeri 1 Palopo untuk mengatasi kesulitan
belajar yang dialami oleh peserta didik adalah guru pendidikan agama Islam harus
mengondisikan situasi peserta didik. Kemudian guru pendidikan agama Islam
harus menyiapkan buku komunikasi yang dapat membantu guru, peserta didik dan
orang tua peserta didik.
Kata Kunci: Problematika, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Penyandang
Tunagrahita

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 23 Feb 2023 02:34
Last Modified: 23 Feb 2023 02:34
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5485

Actions (login required)

View Item View Item