RAHMAN, RAHMADANI (2022) PENGARUH TINGKAT SELF REGULATED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM PESERTA DIDIK KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH (MTS) NEGERI 1 LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Text
RAHMADANI RAHMAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK
Rahmadani Rahman, 2022. “Pengaruh Tingkat Self Regulated Learning
Terhadap Hasil Belajar Matematika dalam Pembelajaran Flipped
Classroom Peserta Didik Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri
1 Luwu”. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh Hj. St. Marwiyah dan Dwi Risky Arifanti.
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Tingkat Self Regulated Learning
Terhadap Hasil Belajar Matematika dalam Pembelajaran Flipped Classroom
Peserta Didik Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 1 Luwu. Penelitian
ini bertujuan: (1) Mengetahui tingkat self regulated learning dalam pembelajaran
flipped classroom peserta didik kelas VIII MTs Negeri 1 Luwu; (2) Mengetahui
hasil belajar matematika dalam pembelajaran flipped classroom peserta didik
kelas VIII MTs Negeri 1 Luwu; (3) Mengetahui pengaruh tingkat self regulated
learning terhadap hasil belajar matematika dalam pembelajaran flipped classroom
peserta didik kelas VIII MTs Negeri 1 Luwu.
Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimen dengan populasi seluruh siswa
kelas VIII MTs Negeri 1 Luwu tahun ajaran 2021/2022 yang terdiri dari 7 (tujuh)
kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling
sehingga terpilih kelas sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 36 peserta
didik. Data diperoleh dengan menggunakan instrumen angket self regulated
learning dan tes hasil belajar matematika.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Tingkat self regulated
learning dalam pembelajaran flipped classroom peserta didik kelas VIII MTs
Negeri 1 Luwu diperoleh nilai rata-rata 73,82 berada pada interval kualifikasi self
regulated learning sedang; (2) Rata-rata hasil belajar matematika dalam
pembelajaran flipped classroom peserta didik kelas VIII MTs Negeri 1 Luwu
adalah 73,00 dengan predikat cukup; (3) Pengaruh tingkat self regulated learning
terhadap hasil belajar matematika dalam pembelajaran flipped classroom peserta
didik kelas VIII MTs Negeri 1 Luwu sebesar 50,41%.
Kata Kunci: Flipped Classroom, Hasil Belajar Matematika, Self Regulated
Learning
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Harding Sulu |
Date Deposited: | 23 Feb 2023 06:32 |
Last Modified: | 23 Feb 2023 06:32 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5488 |
Actions (login required)
View Item |