MODEL KOMUNIKASI PERSUASIF GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN SIKAP TOLERANSI SISWA DI SMPN 8 PALOPO

IRAWATI, IRAWATI (2022) MODEL KOMUNIKASI PERSUASIF GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN SIKAP TOLERANSI SISWA DI SMPN 8 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of IRAWATI 1.pdf] Text
IRAWATI 1.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Irawati 2022, “ Model Komunikasi Persuasif Guru Pendidikan Agama Islam
Dalam Menanamkan Sikap Toleransi Siswa di SMPN 8 Palopo”Skripsi
Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.
Pembimbing I Dr. H. Bulu‟, M.Ag. Pembimbing II Dr. Edhy Rustam, M.Pd.
Kata kunci: Komunikasi Persuasif, Guru Pendidikan Agama Islam, Sikap
Toleransi.
Skripsi ini membahas tentang model komunikasi persuasif guru
pendidikan agama islam dalam menanamkan sikap toleransi siswa di SMPN 8
Palopo. Skripsi ini bertujuan (1) Untuk mengetahui penerapan model komunikasi
persuasif guru pendidikan agama islam dalam menanamkan sikap toleransi di
SMPN 8 Palopo. (2) Untuk mengetahui hambatan dan solusi model komunikasi
persuasif dalam menanamkan sikap toleransi di SMPN 8 Palopo. Penelitian ini
menggunakan penelitian kualitatif deskriptif Sumber data yang digunakan yaitu
data primer dan sekunder. Dimana data primer adalah guru mata pelajaran PAI
dan siswa. Sedangkan data sekunder berupa dokumentasi arsip sekolah, buku�buku dan lainnya yang dapat mendukung proses pengumpulan data dalam
penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan
dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model komunikasi persuasif
guru pendidikan agama islam dalam menanamkan sikap toleransi di SMPN 8
Palopo yaitu dengan menggunakan perkataan yang lemah lembut, memberikan
perhatian, memberikan keteladanan dan komunikasi persuasif dilakukan dengan
menggunakan kata-kata yang benar dan baik. Adapun hambatan dan solusi model
komunikasi persuasif dalam menanamkan sikap toleransi di SMPN 8 Palopo yaitu
soal keterbatasan waktu, sehingga untuk mengatasi permasalahan tersebut para
guru harus mampu mengefisienkan waktu setiap harinya. Hambatan tersebut juga
dapat di atasi dengan memanfaatkan waktu bermain anak didik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 24 Feb 2023 06:56
Last Modified: 24 Feb 2023 06:56
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5505

Actions (login required)

View Item View Item