SARMA, RESKI (2022) FUNGSI SUPERVISOR PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALITAS GURU DI MTS OPU DAENG RISAJU PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Text
RESKI RASMA.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Reski Sarma, 2012. „‟Fungsi Supervisor Pendidikan Dalam Meningkatkan
Profesionalitas Guru Di Mts Opu Daeng Risaju Palopo‟‟.
Skripsi program study Manajemen Pendidikan Islam Negeri
Palopo. Dibimbing Oleh Nurdin K dan Tasdin Tahrim
Skripsi ini berjudul „‟Fungsi Supervisor Pendidikan Dalam Meningkatkan
Profesionalitas Guru Di Mts Opu Daeng Risaju Palopo‟‟. Adapun yang menjadi
tujuan pokok pembahasan dalam skripsi ini yaitu; 1) Bagaimana pelaksanaan
supervisi pendidikan di MTs Opu Daeng Risaju Palopo. 2). Bagaimana gambaran
profesionalitas guru di MTs Opu Daeng Risaju Palopo. 3). Bagaimana fungsi
supervisor pendidikan dalam rangka peningkatan profesionalitas guru di MTs
Opu Daeng Risaju Palopo.
Dalam pelaksanaan penelitian ini peneliti memilih jenis penelitian kualitatif,
pendekatan fenomenologi. Untuk memperoleh data penulis melakukan,
wawancara, observasi, dokumentasi dan penguji keabsahan data yaitu triangulasi.
Hasil penelitian ini antara lain; 1). Hasil penelitian tersebut menerangkan bentuk
supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah adalah bidang pedagogik terkait
perencanaan pembelajaran di kelas dan strategi yang dilakukan kepala sekolah
dalam meningkatkan kinerja guru, dan menindak lanjuti apa yang dilakukan
setelah melakukan supervisi yaitu dengan cara memberikan penilaian atas
perencanaan, pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru, evaluasi
terhadap kinerja guru kemudian meminta guru untuk memperbaikinya jika
terdapat kekurangan sehingga guru dapat melaksanakan tugasnya dalam
memberikan ilmu pengetahuan kepada peserta didik. 2). Gambaran profesionalitas
guru di MTS Opu daeng risaju Palopo yaitu guru menyediakan perangkat
pembelajaran sebelum melaksanakan pembelajaran, penguasaan kompetensi dasar
terhadap mata pelajaran yang diampuh, penguasaan serta pengembangan materi
ajar, pemanfaatan teknologi informasi. 3).peranan supervisor pendidikan dalam
meningkatkan profesionalitas guru di MTS Opu daeng risaju Palopo yaitu
supervisor mampu melaksanakan peranannya seperti melakukan bimbingan dan
pengarahan, membantu dalam pemilihan metode, membantu dalam pemilihan
sumber pengajaran, dapat bertindak sebagai pemimpin, moderator, pemateri dan
motivator mampu menerima saran dan kritikan yang diberikan kepadanya.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa supervisor pendidikan berperan dalam
meningkatkan profesionalitas guru di sekolah Mts Opu Daeng Risaju Palopo.
Kata Kunci : Supervisor Pendidikan, Profesionalitas Guru
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Harding Sulu |
Date Deposited: | 24 Feb 2023 07:03 |
Last Modified: | 24 Feb 2023 07:03 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5506 |
Actions (login required)
View Item |