ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SELAMA MENGIKUTI PEMBELAJARAN ONLINE DI SMP NEGERI 5 PALOPO

SYAHRUDDIN, WINDA (2022) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SELAMA MENGIKUTI PEMBELAJARAN ONLINE DI SMP NEGERI 5 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of WINDA SYAHRUDDINN.pdf] Text
WINDA SYAHRUDDINN.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Winda Syahruddin, 2022. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah
Matematika Siswa Selama Mengikuti Pembelajaran Online di SMP Negeri
5 Palopo” Skripsi Program Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo. Dibimbing
oleh Lisa Aditya Dwiwansyah Musa dan Sumardin Raupu.
Pemecahan masalah merupakan suatu usaha untuk menemukan jalan keluar dari suatu
kesulitan atau masalah yang tidak rutin sehingga masalah tersebut tidak lagi menjadi
masalah lagi. Saat ini sistem pembelajaran dihadapkan dengan situasi yang menuntut para
pengajar untuk dapat menguasai media pembelajaran online, terutama pada masa wabah
pandemi Covid-19 ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan
masalah matematika siswa pada materi sistem persamaan linier dua variabel selama
mengikuti pembelajaran online di SMP Negeri 5 Palopo.
Metode yang digunakan adalah metode Kualitatif dengan pendekatan deskriptif.
Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 5 Palopo kelas VIIIA semester ganjil tahun ajaran
2021/2022. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIIA. Teknik pengumpulan
data yang dilakukan melalui tes, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian diperoleh kemampuan pemecahan masalah matematika siswa diterapkan
dengan pembelajarnan online melalui whatsapp group dengan metode penugasan adalah
baik dengan tahapan pemecahan masalah sebagai berikut: 1) memahami masalah, siswa
dapat menganalisa soal dengan menuliskan yang diketahui dalam soal. 2) membuat
rencana, siswa dapat menuliskan yang ditanyakan dalam soal. 3) melaksanakan rencana,
siswa dapat menyelesaikan masalah menggunakan rumus yang dipilh dan sesuai dengan
langkah-langkahnya, dan 4) memeriksa kembali, siswa rata-rata tidak melakukan
pengecekan kembali tapi menuliskan kesimpulan hasil jawaban yang tepat. Faktor
penghambat pemecahan masalah matematika siswa adalah materi yang diberikan secara
online belum tentu bisa dipahami oleh siswa dengan baik, siswa kurang aktif dan tertarik
dalam mengikuti pembelajaran online, siswa tidak memiliki handphone yang digunakan
untuk pembelajaran online, walaupun ada itu milik orang tua mereka, dan siswa merasa
malas dan bosan karena pembelajaran online sudah cukup lama terlaksana. Solusi
pemecahan masalah matematika siswa selama mengikuti pembelajaran online adalah guru
sebaiknya menyiapkan materi pembelajaran online dalam bentuk power point disertai
video semenarik mungkin, menghubungi dengan whatsapp pribadi siswa atau orang tua
siswa apabila siswa kurang peduli dengan pembelajaran online, guru memberi
kelonggaran waktu dalam menyelesaikan tugas bagi siswa yang tidak memiliki
handphone atau bergiliran menggunakannya dengan orang tua mereka, dan orang tua
juga sebaiknya mendampingi anak-anaknya dalam proses pembelajaran online
berlangsung.
Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Pembelajaran Online

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 24 Feb 2023 08:17
Last Modified: 24 Feb 2023 08:17
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5510

Actions (login required)

View Item View Item