ALNIATI, ALNIATI (2022) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI KECERDASAN LINGUISTIK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
ALNIATI.pdf
Download (1MB)
Abstract
ABSTRAK 
Alniati, 2022, “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari
Kecerdasan Linguistik Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Palopo”, Skripsi 
Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu 
Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo, dibimbing oleh 
Nasaruddin dan Dwi Risky Arifanti. 
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kecerdasan linguistik dan 
kemampuan pemecahan masalah siswa dan untuk melihat bagaimana kecerdasan 
linguistik dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP 
Negeri 1 Palopo kelas VIII E. 
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan desain 
penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 16 orang siswa yang 
berfokus pada kemampuan verbal dan kemampuan pemecahan masalah siswa. 
Kecerdasan linguistik siswa diukur dengan tes kemampuan verbal dasar (analogi, 
sinonim, dan antonim) dan kemampuan pemecahan masalah siswa diukur dengan 
tes soal cerita, materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Pemilihan 
dan penyajian subjek pada penelitian ini berdasarkan hasil tes kemampuan verbal 
dan kemampuan pemecahan masalah yang dipilih masing-masing 6 subjek untuk 
mewakili setiap kategori. Kemudian dari setiap 6 subjek, terdapat 4 subjek yang 
memiliki hasil tes sejalan dan tidak sejalan sehingga subjek tersebut diwawancara 
secara khusus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, 
wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dilakukan dengan 
triangulasi teknik yaitu hasil tes dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan 
cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. 
Hasil dari penelitian ini adalah (1) siswa dengan kecerdasan linguistik 
tinggi memenuhi seluruh indikator kemampuan verbal sedangkan siswa kategori 
sedang dan rendah tidak memenuhi indikator secara lengkap, (2) siswa dengan 
kemampuan pemecahan masalah tinggi cenderung memenuhi semua aspek 
pemecahan masalah sedangkan kategori sedang dan rendah tidak, (3) kecerdasan 
linguistik dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa, apabila 
siswa tidak hanya memiliki kecerdasan linguistik semata. Melainkan, siswa juga 
harus memiliki kemampuan dalam matematika. Untuk memecahkan suatu 
masalah, kecerdasan linguistik siswa hanya mampu menganalisis maksud soal dan 
hasil jawaban. 
Kata Kunci: Kecerdaasan linguistik, kemampuan pemecahan masalah.
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika | 
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika | 
| Depositing User: | Harding Sulu | 
| Date Deposited: | 27 Feb 2023 00:40 | 
| Last Modified: | 27 Feb 2023 00:40 | 
| URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5514 | 
