PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN PENGGUNAAN BARANG BEKAS MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS III SDN 531 TO’PONGO KABUPATEN LUWU

FATMA, FATMA (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN PENGGUNAAN BARANG BEKAS MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS III SDN 531 TO’PONGO KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of FATMA.pdf] Text
FATMA.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Fatma, 2022.“Pengembangan Media Pembelajaran dengan Menggunakan
Barang Bekas Materi Pencemaran Lingkungan di Kelas III SDN 531
To’pongo Kabupaten Luwu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru
Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut
Agama Islam Negeri Palopo. Di bimbing oleh Edhy Rustan dan Hisbullah.
Penelitian ini bertujuan untuk (1)mengetahui kebutuhan pengembangan
media pembelajaran dengan penggunaan barang bekas materi pencemaran
lingkungan, (2) mengetahui desain pengembangan media pembelajaran dengan
penggunaan barang bekas materi pencemaran lingkungan, (3)mengetahui validitas
hasil pengembangan media pengembangan media pembelajaran pembelajaran
dengan penggunaan barang bekas materi pencemaran lingkungandi kelas III SDN
531 To’pongoKabupatenLuwu.
Penelitian ini merupakan penelitian Research & Development (R&D).
Untuk mengembangkan produk, penelitian ini menggunakan model
pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu: tahap Analisys,tahap
Design,tahap Development, tahap Implementation, dan tahap Evalucation. Namun
pada penelitian kali ini peneliti hanya melakukan penelitian sampai pada tahap
Development karena kondisi pandemic covid 19. Penelitian dilakukan dikelas III
SDN 531 To’pongo Kabupaten Luwu dengan melakukan beberapa pengumpulan
data seperti: wawancara guru, angket siswa, dan dokumentasi. Sedangkan teknik
analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif kualitatif digunakan
untuk mengelolah data hasil review, peneliti menyebar lembar validasi ahli media,
ahli materi, dan bahasa. Sedangkan pada analisis data kuantitatif mengelolah data
yang diperoleh melalui lembar validasi oleh para pakar ahli, data hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa media pembelajaran sistem pernapasan termasuk kategori
sangat valid untuk digunakan dalam pembelajaran dilihat dari penilaian ahli
media desain 94% dengan kategori valid, ahli materi 97% dan ahli bahasa 86%
kategori sangat valid dengan menggunakan rumus skala likers.

Kata Kunci: Pengembangan Media Pembelajaran dengan Penggunaan Barang
Bekas Materi Pencemaran Lingkungan

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 28 Feb 2023 00:20
Last Modified: 28 Feb 2023 00:20
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5543

Actions (login required)

View Item View Item