PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 4 PALOPO

JUSRIANTI, JUSRIANTI (2022) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 4 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of JUSRIANTI.pdf] Text
JUSRIANTI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Jusrianti, 2022. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan
Nilai-Nilai Moderasi Beragama di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri
4 Palopo.” Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh: Dr. Hj. St. Marwiyah, M.Ag. dan Arifuddin, S.Pd.I.,
M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui peran guru pendidikan agama
Islam dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama di SMA Negeri 4
Palopo. 2) Menguraikan bentuk kegiatan moderasi beragama di SMA Negeri 4
Palopo. 3) Menganalisis hambatan dalam menanamkan nilai-nilai moderasi
beragama di SMA Negeri 4 Palopo. Jenis penelitian yang digunakan adalah
penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan
metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan
adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian
menunjukan bahwa: 1) peran guru tidak hanya sebagai tenaga pengajar, tetapi
juga sebagai demonstrator, pengelolah kelas, motivator, dan evaluator. 2) bentuk�bentuk kegiatan moderasi beragama di SMA Negeri 4 Palopo, yaitu: a)
melaksanakan upacara bendera setiap hari senin dan memperingati hari nasional
lainnya, memasang gambar pahlawan, menaati aturan sekolah sebagai bentuk
komitmen kebangsaan, b) mengadakan ekstrakurikuler dan lomba sebagai bentuk
pencegahan terjadinya kekerasan, c) melakukan baksos dan kajian keagamaan,
dan mengadakan lomba untuk menumbuhkan sikap toleransi, d) melaksanakan
amalia Ramadan, maulid, perseni, memperingati hari guru, menerapkan budaya
3S sebagai bentuk akomodatif terhadap budaya lokal. 3) hambatan dalam
menanamkan nilai-nilai moderasi beragama di SMA Negeri 4 Palopo, yakni: a)
karakter peserta didik berbeda-beda, b) rasa malas, c) kurangnya didikan dalam
keluarga, d) membawa kebiasaan buruk dari rumah, dan e) adanya pandemi
COVID-19.
Kata Kunci: Peran Guru Pendidikan Agama Islam, Nilai-Nilai Moderasi
Beragama, SMA Negeri 4 Palopo

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 28 Feb 2023 01:02
Last Modified: 28 Feb 2023 01:02
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5550

Actions (login required)

View Item View Item