IDENTIFIKASI KESULITAN MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTS AL-ZAKIYAH MALELA KABUPATEN LUWU

NANDA, ASTRI LIA NANDA (2022) IDENTIFIKASI KESULITAN MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTS AL-ZAKIYAH MALELA KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of ASTRI LIA NANDA.pdf] Text
ASTRI LIA NANDA.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK
Astri Lia Nanda, 2022: Identifikasi Kesulitan Menyelesaikan Masalah
Matematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian Peserta Didik Kelas VII di MTs
Al-Zakiyah Malela Kabupaten Luwu. Skripsi Program Studi Pendidikan
Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam
Negeri (IAIN) Palopo. Dibimbing oleh Fatmaridah Sabani dan Nilam
Permatasari Munir.
Skripsi ini membahas tentang identifikasi kesulitan yang dialami peserta
didik dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi operasi hitung
aljabar ditinjau dari tipe kepribadian Introvert dan Ekstrovert peserta didik kelas
VII MTs Al-Zakiyah Malela. Skripsi ini bertujuan untuk (1) mengetahui
gambaran tipe kepribadian peserta didik di kelas VII MTs Al-Zakiyah Malela, (2)
mengetahui kesulitan peserta didik kelas VII di MTs Al-Zakiyah Malela dalam
menyelesaikan masalah matematika berdasarkan tipe kepribadian.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif
dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu
observasi, wawancara, dokumentasi, angket dan tes tertulis. Subjek penelitian
berjumlah 10 orang peserta didik kelas VII yang terdiri dari 6 orang peserta didik
laki-laki dan 4 orang peserta didik perempuan.
Hasil penelitian ini menunjukakan bahwa peserta didik yang berkepribadian
introvert sebanyak 6 orang (4 perempuan dan 2 laki-laki), dan 4 peserta didik
berkepribadian Ekstrovert (semuanya laki-laki). Selanjutnya, dipilih 4 peserta
didik dengan skor tipe kepribadian yang paling tinggi sebagai subjek penelitian
dengan masing-masing 2 peserta didik dengan tipe kepribadian Introvert berjenis
kelamin perempuan dan 2 peserta didik dengan tipe kepribadian Ekstrovert
berjenis kelamin laki-laki untuk dilakukan tes dan wawancara untuk mengetahui
kesulitan yang dialami dalam menyelesaikan soal matematika. Masalah yang
dihadapi oleh peserta didik dengan kepribadian introvert adalah belum mampu
menganalisis atau kurang memahami mengenai unsur-unsur yang diketahui yang
terdapat pada soal yang diberikan. Adapun kesulitan yang dialami oleh peserta
didik dengan tipe ekstrovert dalam proses penyelesaian masalah adalah kurangnya
pemahaman dalam menganalisis mengenai unsur-unsur yang diketahui yang
terdapat pada soal yang diberikan, serta dalam menyelesaikan soal yang diberikan
mereka tidak melakukan perencanaan penyelesaian masalah terlebih dahulu.
Kata Kunci: Kesulitan Belajar, Masalah Matematika, Kepribadian Peserta Didik,
Materi Operasi Hitung Aljabar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 01 Mar 2023 00:11
Last Modified: 01 Mar 2023 00:16
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5564

Actions (login required)

View Item View Item