ANALISIS PENERAPAN MODEL PROBLEM POSING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 65 PAJALESANG KOTA PALOPO

HIJRAH, HIJRAH (2021) ANALISIS PENERAPAN MODEL PROBLEM POSING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 65 PAJALESANG KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of HIJRAH.pdf] Text
HIJRAH.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Hijrah, 2021. “Penerapan Metode Problem Posing pada Pembelajaran Tematik di
Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 65 Pajalesang Kota Palopo.”
Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam
Negeri Palopo. Dibimbing oleh Munir Yusuf dan Lilis Suryani.
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan penerapan
metode Problem Posing pada pembelajaran di Keas IV Sekolah Dasar Negeri 65
Pajalesang Kota Palopo. 2) Untuk mewujudkan penerapan metode Problem
Posing pada pembelajaran di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 65 Pajalesang Kota
Palopo. 3) Untuk mengetahui hambatan dan solusi untuk menerapkan metode
Problem Posing pada pembelajaran tematik di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 65
Pajalesang Kota Palopo. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskripstif dengan
menggunakan pendekatan paedagogik, sosiologis dan psikologis. Penelitian
menggunakan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan datanya
adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data
menggunakan tringulasi dan pembahasan teman sejawat. Teknik analisis datanya
menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode problem
posing ini dalam proses pembelajarannya siswa mereka harus terlibat aktif dalam
pembelajaran untuk mengkonstruksi pengetahuan mereka sendiri, mencari makna
sendiri, mencari tahu tentang apa yang dipelajarinya dan menyimpulkan konsep
dan ide baru dengan pengetahuan yang sudah ada dalam dirinya dengan atau
melalui pengajuan suatu masalah atau pengajuan pertanyaan-pertanyaan yang
secara mandiri mereka harus mampu menjawab pertanyaan tersebut, sedangkan
peran guru hanya sebagai fasilitator. 2) Dalam mewujudkan problem posing
pembelajaran tematik, smaka guru menjelaskan materi pelajaran, alat peraga
disarankan. Guru sebaiknya memberikan latihan soal secukupnya. Siswa
mengajukan soal yang menantang dan dapat menyelesaikan. Baik secara individu
maupun kelompok. Pada pertemuan berikutnya, guru menyuruh siswa menyajikan
sola temuan di depan kelas dan guru memberikan tugas rumah secara individu. 3)
Hambatan dalam menerapkan metode problem posing adalah peserta didik masih
terlihat terbata dan mengeja saat membaca, adapula peserta didik belum mampu
untuk membaca, selain itu peserta didik terlihat tidak mampu membuat soal atau
pertanyaan disebabkan karena belum menguasai masalah yang diberikan oleh
guru sehingga sulit dipecahkan. Solusi dari hambatan ini adalah peserta didik
terlebih dahulu harus pandai dan lancar membaca teks bacaan, peserta didik harus
menguasai bacaan atau permasalahan yang diberikan oleh guru serta mampu
merangkai kata untuk membuat soal atau pertanyaan dan berlatih untuk menjawab
sendiri
Kata Kunci: Metode Problem Posingi,dan Pembelajaran Tematik

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 01 Mar 2023 00:20
Last Modified: 01 Mar 2023 00:20
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5565

Actions (login required)

View Item View Item