PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PENDEKATAN OPEN-ENDED PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN BILANGAN BULAT DAN PECAHAN KELAS VII DI SMPN 1 BUA PONRANG

MANDA, AULIA (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PENDEKATAN OPEN-ENDED PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN BILANGAN BULAT DAN PECAHAN KELAS VII DI SMPN 1 BUA PONRANG. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of AULIA MANDA.pdf] Text
AULIA MANDA.pdf

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK
Aulia Manda, 2022. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis
Pendekatan Open Ended pada Pembelajaran Matematika Pokok
Bahasan Bilangan Bulat dan Pecahan Kelas VII di SMPN 1 Bua
Ponrang”. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas
Tarbiah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
Palopo. Dibimbing oleh Muhammad Hajarul Aswad dan Sitti
Zuhaerah Thalhah.
Skripsi ini membahas tentang Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik
Berbasis Pendekatan Open Ended pada Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan
Bilangan Bulat dan Pecahan Kelas VII SMPN 1 Bua Ponrang. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui validitas, praktikalitas, dan efektivitas LKPD pada
pembelajaran matematika pokok bahasan bilangan bulat dan pecahan berbasis
pendekatan open ended. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan
Research and Development (R & D), dengan model ADDIE yang terdiri dari lima
tahapan yaitu analisis (analyze), desain (design), pengembangan (development),
implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Subjek penelitian ini
adalah peserta didik kelas VII SMPN 1 Bua Ponrang. Instrumen yang digunakan
yaitu lembar validasi untuk ahli materi serta ahli media dan desain, kemudian
angket praktikalitas untuk pendidik dan peserta didik. Adapun teknik analisis data
yang digunakan yaitu analisis data deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif.
Hasil penilaian berdasarkan angket validasi ahli materi pertama diperoleh skor
78,94% yang berarti “valid”. Hasil validasi dari ahli materi kedua diperoleh skor
persentase 78,75% termasuk dalam kategori “valid”. Hasil validasi dari ahli media
dan desain diperoleh skor persentase 69,23% yang berati “valid”. Hasil
praktikalitas oleh pendidik diperoleh skor persentase sebesar 98,33% dengan
kategori “sangat paktis” dan hasil praktikalitas oleh peserta didik diperoleh skor
persentase sebesar 89,70% dengan kategori “sangat praktis”. Berdasarkan hasil
ketentuan klasikal diperoleh 78,57% dengan rata-rata sebelum menggunakan
LKPD berbasis pendekatan open ended sebesar 70,35 dan setelah menggunakan
LKPD berbasis pendekatan open ended 76,78 yang mengalami peningkatan
sehingga dapat memenuhi kategori efektifitas yaitu efektif. Berdasarkan hasil
tersebut dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis pendekatan open ended pada
pembelajaran matematika pokok bahasan bilangan bulat dan pecahan valid,
praktis, dan efektif untuk di jadikan sebagai bahan ajar pembelajaran.
Kata Kunci: LKPD matematika, pendekatan open ended, bilangan bulat dan
pecahan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 01 Mar 2023 00:38
Last Modified: 01 Mar 2023 00:38
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5568

Actions (login required)

View Item View Item