PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MODERASI BERAGAMA DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUL DA’WAH WAL IRSYAD 1 PALOPO

AL MUDZILL, AL MUDZILL (2022) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MODERASI BERAGAMA DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUL DA’WAH WAL IRSYAD 1 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of AL MUDZILL.pdf] Text
AL MUDZILL.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Al Mudzill, 2022. “Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama di MTs
DDI 1 Palopo”. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh Muhaemin dan Andi Arif Pamessangi.
Skripsi ini membahas tentang pendidikan agama Islam berbasis moderasi
beragama di MTs DDI 1 Palopo. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui upaya
pelaksanaan penerapan pendidikan agama Islam berbasis moderasi beragama, 2)
Untuk mengetahui bagaimana peluang dan tantangan dalam optimalisasi penanaman
nilai moderasi beragama di MTs DDI 1 Palopo. Jenis penelitian yang digunakan
adalah deskriptif kualitatif yang membicarakan bentuk dari pendidikan agama Islam
berbasis moderasi beragama di MTs 1 Palopo. Teknik pengumpulan data
menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data
yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, keabsahan data, dan penarikan
kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan pendidikan
agama Islam berbasis moderasi beragam di MTs DDI 1 Palopo telah melakasanakan
pembelajaran yang berbasis moderasi beragama. hal itu diketahui bahwa madrasah
tersebut tetap mengacu pada kurikulum madrasah yang sejak dari dulu suda
menerapkan nilai-nilai moderasi beragama, sebagaimana MTs ini didirikan oleh
Darud Da’wah Wal Irsyad (DDI) yang notabenenya adalah Organisasi Da’wah yang
cukup besar di Sulawesi Selatan. Beberapa guru diantaranya sudah berinteraksi
dengan peserta pendidik dan menerapkan nilai-nilai indikator moderasi beragama
seperti a) komitmen kebangsaan yang kuat, b) sikap toleransi terhadap sesama, c)
Menolak kekerasan fisik maupun kekerasan verbal, d) Akomodatif dan menghargai
tradisi lokal. 2) Peluang dan tantangan dalam optimalisasi Penanaman nilai moderasi
beragama di MTs DDI 1 Palopo. a) Peluang dalam optimalisasi penanaman nilai
moderasi beragama di MTs DDI 1 Palopo sebenarnya sangatlah berpeluang
dikarenakan beberapa hal: 1) Sejarah Darud Da’wah Wal Irsyad (DDI). 2) kurikulum
madrasah. b) Tantangan pada MTs DDI 1 Palopo diantaranya, 1) era disrupsi atau
perkembangan zaman yang pesat ditandai dengan merebaknya digitalisasi, 2)
lingkungan MTs DDI 1 Palopo yang dekat dengan dengan lingkungan pesisir.
Kata Kunci:Pendidikan Agama Islam, Moderasi Beragama, DDI, MTs.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 01 Mar 2023 02:38
Last Modified: 01 Mar 2023 02:38
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5577

Actions (login required)

View Item View Item