MUH. HIDAYAT, MUH. HIDAYAT (2022) KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PADA MASA PEMBELAJARAN DARING DI SMAN 4 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Text
MUH. HIDAYAT.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Muh. Hidayat, 2022.“Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam dalam
Pengembangan Bahan Ajar pada Masa Pembelajaran Daring di
SMAN 4 Palopo” . Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
Palopo. Dibimbing Oleh Muhazzab Said dan Arifuddin.
Skripsi ini membahas tentang Kompetensi Guru PAI dalam
Pengembangan Bahan Ajar pada masa Pembelajaran Daring di SMAN 4 Palopo.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan kompetensi guru PAI dalam
melaksanakan pembelajaran daring di SMA Negeri 4 Palopo, mengetahui upaya�upaya yang dilakukan guru PAI dalam pengembangan bahan ajar pada masa
pembelajaran daring di SMA Negeri 4 Palopo dan mengetahui problema guru PAI
dalam pengembangan bahan ajar di masa pembelajaran daring.
Dalam Penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif
kualitatif. Lokasi penelitian di SMAN 4 Palopo dan waktu pelaksanaan penelitian
tahun ajaran 2021-2022. Subjek penelitian yaitu : Kepala sekolah, Guru
Pendidikan Agama Islam. Instrumen penelitian yaitu lembar observasi, pedoman
wawancara, dokumen atau foto. Adapun teknik pengumpulan data melalui
observasi, wawancara, dokumentasi.Teknik analisis data yaitu reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan Kompetensi
guru PAI dalam melaksankan pembelajaran daring di SMAN 4 Palopo. Kepala
sekolah berperan aktif dalam peningkatan kompetensi guru PAI melalui kegiatan
yang mendukung pengembangan kompetensi guru PAI, Kemudian interaksi
antara guru PAI dan siswa dalam pembelajaran daring lebih menekankan pada
hubungan kekeluargaan. Kemudian kompetensi guru ada empat kompetensi yang
dimiliki guru PAI diantaranya, kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian,
kompetensi sosial dan kompetensi profesional. (2) Upaya guru PAI dalam
mengembangkan bahan ajar dimasa pembelajaran daring yaitu dengan melalui
Musyawarah guru mata pelajaran (MGMP), membuat RPP darurat di masa
pembelajaran daring. (3) Problema guru PAI dalam Pengembangan Bahan ajar
dimasa Pembelajaran daring, yaitu kurangnya pemahaman siswa dalam proses
pembelajaran daring, kurangnya fasilitas yang dimiliki oleh siswa ketika belajar
daring, Keterbatasan sinyal sering menjadi penghambat dalam proses belajar
mengajar saat pembelajaran daring, dikarenakan tidak semua tempat tinggal siswa
memiliki akses internet yang baik dan juga tidak semua siswa mempunyai Hp
android, jadi siswa kesulitan memperoleh informasi, baik materi maupun tugas
dan tidak semua siswa merespon cepat dalam pembelajaran.
Kata Kunci: Kompetensi, Pengembangan Bahan Ajar, Pembelajaran Daring
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Harding Sulu |
Date Deposited: | 01 Mar 2023 06:44 |
Last Modified: | 01 Mar 2023 06:44 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5582 |
Actions (login required)
View Item |