IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 8 PALOPO

ROSIDA, ROSIDA (2023) IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 8 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of ROSIDA.pdf] Text
ROSIDA.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Rosida, 2022. Implementasi Manajemen Pendidikan Karakter Berbasis
Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 8
Palopo. Tesis Pascasarjana Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Dr. Hilal Mahmud,
M.M., dan Dr. Taqwa, M.Pd. I.
Masalah pokok penelitian tesis ini adalah bagaimana implementasi manajemen
pendidikan karakter berbasis pendidikan kewarganegaraan di sekolah menengah
pertama negeri 8 palopo. Tesis ini bertujuan; Untuk mengetahui model pendidikan
kewarganegaraan di SMP Negeri 8 Palopo, Untuk mengetahui implementasi
manajemen pendidikan karakter berbasis pendidikan kewarganegaraan di SMP
Negeri 8 Palopo, Untuk mengetahui dampak implementasi manajemen pendidikan
karakter berbasis pendidikan kewarganegaraan di SMP Negeri 8 Palopo. Penelitian
menggunakan pendekatan mixed method yang digunakan untuk menyelidiki
masalah dengan mengumpulkan dan menganalisis data kuantitatif dan kualitatif.
Lokasi penelitian di SMP Negeri 8 Palopo. Subjek Penelitian yaitu Guru PKn.
Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, jurnal dan
dokumentasi. Data dianalisis dengan cara kondensasi data, penyajian data,
penarikan dan pengajuan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan teknik
menguji keabsahan data. Hasilnya adalah Model Pendidikan Kewarganegaraan di
SMP Negeri 8 Palopo, model problem based learning. Model ini dapat
mengakomodasi tujuan pembelajaraan yang ditetapkan dalam kurikulum. Bentuk
silabus, RPP, materi pelajaraan, pelaksanaan pembelajaraan dan pelaksanaan
penilaian (terlampir) mengacu pada Kurikulum 2013. Dalam penyusunan
perencanaan pendidikan karakter berbasis pendidikan kewarganegaraan ada empat
hal yang perlu dipertimbangkan yaitu, solusi dalam membentuk karakter,
pelaksanaan proses pembelajaraan, pembinaan moral pancasila dan tujuan dan
fungsi pendidikan nasional dalam pendidikan karakter bangsa, Pelaksanaan
penilaian pendidikan karakter berbasis pendidikan kewarganegaraan di SMP
Negeri 8 Palopo meliputi, kegiatan pengamatan secara langsung di kelas dan di luar
kelas dengan sistem poin, menggunakan jurnal sebagai instrumen penilaian sikap
dan dialog interaktif antara guru dan peserta didik untuk penanaman karakter
demokratis dan untuk memperkuat pengembangan sikap peserta didik. Dampak
Implementasi Manajemen Pendidikan Karakter Berbasis Pendidikan
Kewarganegaraan, Ditemukan bahwa dampak yang ditimbulkan adalah para
peserta didik lebih bisa menghargai dan menghormati guru dan menaati peraturan
sekolah, pendidikan karakter di sekolah makin menunjukkan proses yang positif.
Kata Kunci: Manajemen Pendidikan Karakter, Pendidikan Kewarganegaraan,
Karakter.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi S-2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 02 Mar 2023 00:42
Last Modified: 02 Mar 2023 00:42
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5593

Actions (login required)

View Item View Item