Gawing, Muh. Mufid (2022) PERAN TPQ (TAMAN PENDIDIKAN QUR’AN) DALAM KEGIATAN BACA TULIS AL-QUR’AN DAN PEMBINAAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI TPQ AL MUSLIMIN KELURAHAN SONGKA, KOTA PALOPO, PROVINSI SULAWESI SELATAN TAHUN 2022. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
MUH. MUFID GAWING.pdf
Download (3MB)
Abstract
ABSTRAK
Muh. Mufid Gawing, 2022. “ Peran TPQ (Taman Pendidikan Qur’an) dalam 
Kegiatan Baca Tulis Al-Qur’an dan Pembinaan Karakter Religius Peserta 
Didik di TPQ Al-Muslimin Kelurahan Songka, Kota Palopo”. Skripsi 
Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu 
Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Bapak
Hasbi dan Ibu Eka Poppy Hutami.
Skripsi ini membahas tentang Peran TPQ (Taman Pendidikan Qur’an) dalam
Kegiatan Baca Tulis Al-Qur’an dan Pembinaan Karakter Religius Peserta Didik di 
TPQ Al-Muslimin Kelurahan Songka, Kota Palopo, dimana permasalahan pokok 
pada penelitian ini adalah kemampuan baca tulis Al-Qur’an dan karaker religius 
anak di Kelurahan Songka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana 
peran TPQ Al-Muslimin terhadap pemasalahn pokok tersebut dengan mengetahui
metode belajar yang digunakan dan bagaimana tingkat keberhasilan terhadap 
perkembangan anak di Kelurahan Songka. Penelitian ini menggunakan penelitian 
kualitatif. Pemenuhan data yang dibutuhkan dilakukan dengan menggunakan 
teknik pengumpulan data, antara lain: observasi dengan melakukan pengamatan 
langsung pada objek yang diteliti, wawancara dengan mengajukan serangkaian 
pertanyaan terhadap sejumlah informan yang berkaitan objek penelitian dan 
dokumentasi dengan melakukan pengumpulan arsip, dokumen dan foto yang ada 
hubungannya dengan penelitian ini. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh 
staf pengajar berjumlah 3 orang dan peserta didik TPQ Al-Muslimin berjumlah 32 
orang dan orangtua peserta didik berjumlah 54 orang, sedangkan sampel pada 
penelitian ini adalah seluruh jumlah populasi staf pengajar, 20 peserta didik dan 
28 orang tua pserta didik . Dari hasil penelitian ini diketahui TPQ Al-Muslimin 
menerapkan metode iqra’ dalam belajar membaca Al-Qur’an, melakukan 
penerapan kewajiban menghafal bacaan sholat dan surah-surah pendek serta 
mengisi beberapa jadwal mengajar dengan ceramah singkat, sedangkan 
kemampuan peserta didik sangat baik dalam hal membaca dan menulis Al�Qur’an, menghafal bacaan shalat dan surah-surah pendek. Hal ini diperoleh 
berdasarkan pengamatan langsung di lapangan dan wawancara terhadap orang tua 
dan staf pengajar tentang kemampuan peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian 
dapat disimpulkan bahwa TPQ Al-Muslimin sangat berperan membantu orang tua 
dalam mendidik anak sejak dini terkait ilmu agama yang tidak didapatkan di 
lingkungan sekolah formal.
Kata kunci : Peran TPQ, Karakter religius, Baca tulis Qur’an.
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam | 
| Depositing User: | Harding Sulu | 
| Date Deposited: | 02 Mar 2023 01:09 | 
| Last Modified: | 02 Mar 2023 01:09 | 
| URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5598 | 
