PERAN TPQ (TAMAN PENDIDIKAN QUR’AN) DALAM KEGIATAN BACA TULIS AL-QUR’AN DAN PEMBINAAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI TPQ AL MUSLIMIN KELURAHAN SONGKA, KOTA PALOPO, PROVINSI SULAWESI SELATAN TAHUN 2022

Gawing, Muh. Mufid (2022) PERAN TPQ (TAMAN PENDIDIKAN QUR’AN) DALAM KEGIATAN BACA TULIS AL-QUR’AN DAN PEMBINAAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI TPQ AL MUSLIMIN KELURAHAN SONGKA, KOTA PALOPO, PROVINSI SULAWESI SELATAN TAHUN 2022. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of MUH. MUFID GAWING.pdf] Text
MUH. MUFID GAWING.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Muh. Mufid Gawing, 2022. “ Peran TPQ (Taman Pendidikan Qur’an) dalam
Kegiatan Baca Tulis Al-Qur’an dan Pembinaan Karakter Religius Peserta
Didik di TPQ Al-Muslimin Kelurahan Songka, Kota Palopo”. Skripsi
Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Bapak
Hasbi dan Ibu Eka Poppy Hutami.
Skripsi ini membahas tentang Peran TPQ (Taman Pendidikan Qur’an) dalam
Kegiatan Baca Tulis Al-Qur’an dan Pembinaan Karakter Religius Peserta Didik di
TPQ Al-Muslimin Kelurahan Songka, Kota Palopo, dimana permasalahan pokok
pada penelitian ini adalah kemampuan baca tulis Al-Qur’an dan karaker religius
anak di Kelurahan Songka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana
peran TPQ Al-Muslimin terhadap pemasalahn pokok tersebut dengan mengetahui
metode belajar yang digunakan dan bagaimana tingkat keberhasilan terhadap
perkembangan anak di Kelurahan Songka. Penelitian ini menggunakan penelitian
kualitatif. Pemenuhan data yang dibutuhkan dilakukan dengan menggunakan
teknik pengumpulan data, antara lain: observasi dengan melakukan pengamatan
langsung pada objek yang diteliti, wawancara dengan mengajukan serangkaian
pertanyaan terhadap sejumlah informan yang berkaitan objek penelitian dan
dokumentasi dengan melakukan pengumpulan arsip, dokumen dan foto yang ada
hubungannya dengan penelitian ini. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh
staf pengajar berjumlah 3 orang dan peserta didik TPQ Al-Muslimin berjumlah 32
orang dan orangtua peserta didik berjumlah 54 orang, sedangkan sampel pada
penelitian ini adalah seluruh jumlah populasi staf pengajar, 20 peserta didik dan
28 orang tua pserta didik . Dari hasil penelitian ini diketahui TPQ Al-Muslimin
menerapkan metode iqra’ dalam belajar membaca Al-Qur’an, melakukan
penerapan kewajiban menghafal bacaan sholat dan surah-surah pendek serta
mengisi beberapa jadwal mengajar dengan ceramah singkat, sedangkan
kemampuan peserta didik sangat baik dalam hal membaca dan menulis Al�Qur’an, menghafal bacaan shalat dan surah-surah pendek. Hal ini diperoleh
berdasarkan pengamatan langsung di lapangan dan wawancara terhadap orang tua
dan staf pengajar tentang kemampuan peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian
dapat disimpulkan bahwa TPQ Al-Muslimin sangat berperan membantu orang tua
dalam mendidik anak sejak dini terkait ilmu agama yang tidak didapatkan di
lingkungan sekolah formal.
Kata kunci : Peran TPQ, Karakter religius, Baca tulis Qur’an.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 02 Mar 2023 01:09
Last Modified: 02 Mar 2023 01:09
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5598

Actions (login required)

View Item View Item