PENDIDIKAN AHLAKDALAM PERSPEKTIFBUYA HAMKA SERTA RELEVANSINYATERHADAP PEMBINAAN AHLAK REMAJA

ZAHRAH, ZAKIYAH UMMU (2022) PENDIDIKAN AHLAKDALAM PERSPEKTIFBUYA HAMKA SERTA RELEVANSINYATERHADAP PEMBINAAN AHLAK REMAJA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of SKRIPSI ZAKIYAH UMMU ZAA (1).pdf] Text
SKRIPSI ZAKIYAH UMMU ZAA (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Zakiyah Ummu Zahrah, 2022. “Pendidikan Ahlak dalam Perspektif Buya
Hamka serta Relevansinya Terhadap Pembinaan Ahlak Remaja”.Skripsi Program
Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut
Agam Islam Negeri Palopo.Dibimbing oleh Nurdin K dan Andi Arif Pamessangi.
Skripsi ini membahas tentang pendidikan ahlak dalam perspektif Buya
Hamka serta relevansinya terhadap pembinaan ahlak remaja. Penelitian ini
bertujuan: untuk mengetahui pendidikan ahlak dalam perspektif Buya Hamka,
mengetahui pokok-pokok pikiran Buya Hamka tentang pembinaan ahlak remaja,
mengetahui relevansi pendidikan ahlak perspektif Buya Hamka terhadap
pembinaan ahlak remaja.Jenis penelitian ini adalah penelitian tokoh yang hendak
mengungkapkan pemikiran Buya Hamka tentang pendidikan ahlak.Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah teknik library research. Teknik
pengolahan dan analisis data dalam penelitian ini adalah: Content Analisis atau
analisi isi, klasifikasi data, sehingga pada akhirnya dijadikan sebagai langkah
dalam mengambil kesimpulan sebagai jawaban dari rumusan masalah yang ada,
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Ahlak dalam perspektif Buya Hamka
ialah suatu perangai di dalam batin telah terhujam, kokoh. Dialah yang
menimbulkanperangai dengan mudahnya sehingga tak berhajat kepada berpikir
lama lagi.Kalaupersediaan itu dapat menimbulkan perangai yang terpuji, perangai
yang mulia(mulia menurut akal dan syara’) itulah yang dinamai budi pekerti yang
baik.Tetapi, kalau yang tumbuh perangai yang tercela menurut akal dan syara’
dinamai pulabudi pekerti yang jahat.Pendidikan ahlak dalam perspektif Buya
Hamka adalah pendidikan yang menekankan pada keutamaan budi, yaitu suatu
usaha meniadakan perangai-perangai buruk pada diri manusia sehingga ia
memiliki ahlak mulia dalam kehidupan sehari-hari, 2). Menurut Buya Hamka
pembinaan ahlak merupakan suatu usaha penerapan sifat: qana’ah, ikhlas, dan
semangat belajar serta bekerja pada diri seorang remaja. Sehingga ia dapat
menerapkan nilai-nilai Islam dalam kehidupannya. Dalam hal ini Buya hamka
memberikan panduan dalam pembinaan ahlak bagi remaja yaitu: a). Bergaul
dengan orang-orang beriman, b). Membiasakan pekerjaan berfikir, c). Menjaga
syahwat dan kemarahan, d). Tadrib, menimbang sebelum mengerjakan, e).
Menyelidiki aib diri sendiri. 3). Relevansi pendidikan ahlak Buya Hamka dengan
pembinaan ahlak remaja meliputi: Lingkungan keluarga, lingkungan sekolah,
lingkungan masyarakat.
Kata Kunci: Pendidikan Ahlak, Buya Hamka, Remaja, Pembinaan Ahlak

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39598 Pendidikan Agama Islam di Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 02 Mar 2023 01:17
Last Modified: 02 Mar 2023 01:17
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5599

Actions (login required)

View Item View Item