CHAEDIR, AMALIA (2022) PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL GUNA PENINGKATAN PENDAPATAN UMKM (Studi Kasus UMKM di Kecamatan Wotu). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Text
AMALIA CHAEDIR.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Amalia Chaedir, 2022. “Penggunaan Media Sosial guna Peningkatan
Pendapatan UMKM (Studi Kasus UMKM di Kec.Wotu)”.
Skripsi Program Studi Manajemen Bisnis Syariah, Fakultas
Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri
(IAIN) Palopo. Dibimbing oleh Nurfadillah.
Skripsi ini membahas tentang bagaimana Penggunaan media sosial guna
peningkatan pendapatan UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
penggunaan media sosial sebagai sarana promosi untuk peningkatan pendapatan
UMKM di Kecamatan Wotu. Subjek pada penelitian ini ialah delapan pelaku
UMKM khususnya tiga desa yaitu desa lampenai, bawalipu, dan tarengge.
Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik
purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan semua pelaku UMKM
menggunakan media sosial dan memberikan peluang yang baik untuk menaikkan
penjualan dan pendapatan produk UMKM di Kecamatan Wotu. Dari kedelapan
UMKM tersebut, terdapat lima UMKM yang menggunakan tiga media sosial
yaitu facebook, instagram dan whatsapp merasakan peningkatan pendapatan
yang signifikan. Kemudian tiga UMKM yang hanya menggunakan satu media
sosial saja yaitu facebook merasakan adanya peningkatan pendapatan walaupun
belum maksimal.
Kata kunci: Media Sosial, Pendapatan, UMKM
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | Harding Sulu |
Date Deposited: | 02 Mar 2023 02:10 |
Last Modified: | 02 Mar 2023 02:10 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5608 |
Actions (login required)
View Item |