GUNTUR, ACHMAD (2022) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM OPTIMALISASI PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SD ISLAM TERPADU DARUSSALAM PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Text
ACHMAD GUNTUR.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Achmad Guntur, 2022 “Strategi Kepala Sekolah dalam Optimalisasi
Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Selama Pandemi COVID-19 di SD
Islam Terpadu Darussalam Palopo”. Skripsi Program Studi
Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan,
Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh St. Marwiyah dan
Nilam Permatasari Munir.
Skripsi ini membahas tentang strategi kepala sekolah dalam optimalisasi
pembelajaran tatap muka terbatas selama pandemi COVID-19 di SD Islam Terpadu
Darussalam Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perumusan,
perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi strategi oleh kepala sekolah dalam
optimalisasi pembelajaran tatap muka terbatas di SD Islam Terpadu Darussalam
Palopo.
Pendekatan yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah pendekatan
kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif (descriptive research). Data yang
diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya data
penelitian ditriangulasi berdasarkan sumbernya.
Hasil Penelitian menujukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran tatap muka
terbatas di SD Islam Terpadu Darussalam terlaksana sesuai dengan Pedoman
Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Sekolah Dasar yang dikeluarkan oleh
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal PAUD, Dikdas dan
Dikmen. Pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas dilakukan dengan
perencanaan yang matang, pelaksanaan yang cukup terarah, dan melakukan
adaptasi pada kegiatan pembelajaran tatap muka terbatas dengan meminimalisir
hambatan yang dialami selama kegiatan pembelajaran tatap muka terbatas
berlangsung. Hasil belajar peserta didik yang mencapai kriteria ketuntasan
minimum, dapat disimpulkan bahwa kegiatan belajar peserta didik dapat dikatakan
berada di kategori baik dalam memenuhi tujuan pembelajaran yang telah
dirumuskan, walaupun jam pelajaran yang kurang dan muatan materi pelajaran
yang dipadatkan.
Kata Kunci : Strategi, kepala sekolah, pembelajaran tatap muka terbatas,
manajemen strategis
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Harding Sulu |
Date Deposited: | 02 Mar 2023 06:49 |
Last Modified: | 02 Mar 2023 06:49 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5618 |
Actions (login required)
View Item |