STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM OPTIMALISASI PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SD ISLAM TERPADU DARUSSALAM PALOPO

GUNTUR, ACHMAD (2022) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM OPTIMALISASI PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SD ISLAM TERPADU DARUSSALAM PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of ACHMAD GUNTUR.pdf] Text
ACHMAD GUNTUR.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Achmad Guntur, 2022 “Strategi Kepala Sekolah dalam Optimalisasi
Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Selama Pandemi COVID-19 di SD
Islam Terpadu Darussalam Palopo”. Skripsi Program Studi
Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan,
Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh St. Marwiyah dan
Nilam Permatasari Munir.
Skripsi ini membahas tentang strategi kepala sekolah dalam optimalisasi
pembelajaran tatap muka terbatas selama pandemi COVID-19 di SD Islam Terpadu
Darussalam Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perumusan,
perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi strategi oleh kepala sekolah dalam
optimalisasi pembelajaran tatap muka terbatas di SD Islam Terpadu Darussalam
Palopo.
Pendekatan yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah pendekatan
kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif (descriptive research). Data yang
diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya data
penelitian ditriangulasi berdasarkan sumbernya.
Hasil Penelitian menujukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran tatap muka
terbatas di SD Islam Terpadu Darussalam terlaksana sesuai dengan Pedoman
Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Sekolah Dasar yang dikeluarkan oleh
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal PAUD, Dikdas dan
Dikmen. Pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas dilakukan dengan
perencanaan yang matang, pelaksanaan yang cukup terarah, dan melakukan
adaptasi pada kegiatan pembelajaran tatap muka terbatas dengan meminimalisir
hambatan yang dialami selama kegiatan pembelajaran tatap muka terbatas
berlangsung. Hasil belajar peserta didik yang mencapai kriteria ketuntasan
minimum, dapat disimpulkan bahwa kegiatan belajar peserta didik dapat dikatakan
berada di kategori baik dalam memenuhi tujuan pembelajaran yang telah
dirumuskan, walaupun jam pelajaran yang kurang dan muatan materi pelajaran
yang dipadatkan.
Kata Kunci : Strategi, kepala sekolah, pembelajaran tatap muka terbatas,
manajemen strategis

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 02 Mar 2023 06:49
Last Modified: 02 Mar 2023 06:49
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5618

Actions (login required)

View Item View Item