GANDA, SAYRA ANATAYA (2022) ANALISIS YURIDIS PEMENUHAN HAK ATAS PENDIDIKAN DI MASA PANDEMI COVID-19 PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (STUDI KASUS DI SMP NEGERI 3 WALENRANG). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Text
SAYRA ANATAYA GANDA.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK
Sayra Anataya Ganda, 2022. “Analisis Yuridis Pemenuhan Hak Atas Pendidikan
di Masa Pandemi Covid-19 Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus: di Smp
Negeri 3 Walenrang)”. Skripsi Program Studi Hukum Tata Negara Fakultas
Syariah Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Bapak
Muhammad Tahmid Nur dan Ibu Rizka Amelia Armin.
Skripsi ini membahas tentang Analisis Yuridis Pemenuhan Hak Atas Pendidikan
di Masa Pandemi Covid-19 Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus: di Smp Negeri
3 Walenrang). Penelitian ini bertujuan mengetahui dan memahami bagaimana
realisasi terpenuhinya hak atas pendidikan pada masa pandemi di Smp Negeri 3
Walenrang tinjauan pasal 28C ayat (1) UUD 1945 dan perspektif hukum Islam.
Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian hukum empiris
melalui pendekatan perundang-undangan. Teknik pengumpulan data
menggunakan teknik lapangan yaitu teknik yang mencari dan mengumpulkan
fakta secara langsung dari lapangan yang berkaitan dengan objek pembahasan
melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data yang
digunakan adalah teknik analisis data kualitatif yaitu menganalisa data dengan
cara mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan, kemudian data
disusun dalam bentuk deskriptif dengan mendeskripsikan data dalam bentuk
uraian kalimat yang logis, kemudian ditafsirkan dan diberi kesimpulan. Hasil dari
penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Realisasi dalam terpenuhinya hak
atas pendidikan dengan menggunakan pembelajaran daring pada masa pandemi di
Smp Negeri 3 Walenrang adalah pembelajaran yang telah berfokus kepada
hakikat pendidikan nasional yaitu pendidikan yang berdasarkan pancasila dan
UUD 1945 yang menekankan bahwa pendidikan harus dilaksanakan secara
demokratis, berkeadilan, tidak diskriminatif dan menjunjung tinggi hak asasi
manusia yang dalam pelaksanaanya berusaha dioptimalkan dengan baik di Smp
Negeri 3 Walenrang hanya saja ada beberapa hal yang harus disesuaikan dengan
situasi pandemi yang mengharuskan peserta didik belajar dari Rumah. Kedua,
Realisasi dalam terpenuhinya hak atas pendidikan di masa pandemi perspektif
hukum Islam harus berlandaskan kepada al-Qur‟an dan al-Hadis serta mengacu
kepada fatwa yang di keluarkan Majelis Ulama Indonesia menggunakan kaidah�kaidah fikih yang disesuaikan dengan konteks pandemi yang menekankan umat
Islam untuk taat kepada aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah dalam
percepatan penanganan Covid-19 di Indonesia.
Kata kunci: Hak Pendidikan, Pandemi Covid-19, Smp Negeri 3 Walenrang.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 342 Hukum Tata Negara |
Divisions: | Fakultas Syariah > Program Studi S-1 Hukum Tata Negara |
Depositing User: | Harding Sulu |
Date Deposited: | 03 Mar 2023 01:26 |
Last Modified: | 03 Mar 2023 01:26 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5633 |
Actions (login required)
View Item |