ANALISIS CUSTOMER ENGAGEMENT PADA LOYALITAS PELANGGAN MADU TRIGONA QUEENY

SARI, HARMILA FIKA (2022) ANALISIS CUSTOMER ENGAGEMENT PADA LOYALITAS PELANGGAN MADU TRIGONA QUEENY. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of HARMILA FIKA SARI.pdf] Text
HARMILA FIKA SARI.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Harmila Fika Sari, 2022. “Analisis Customer Engagement pada Loyalitas
Pelanggan Madu Trigona Queeny”. Skripsi Manajemen Bisnis Syariah
Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
Palopo. Dibimbing Oleh Nurfadilah.
Skripsi ini membahas tentang Analisis Customer Engagement pada
Loyalitas Pelanggan Madu Trigona Queeny. Penelitian ini mengangkat
permasalahan yaitu bagaimana customer engagement pada penjualan madu
trigona queeny dalam membangun loyalitas pelanggan.
Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif dan teknik
pengumpulan data pada penelitian ini yaitudengan cara observasi, wawancara dan
dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu data primer dan data
sekunder. Data primer diperoleh dari pemilik usaha dan pelanggan dari madu
trigona queeny. Sedangkan data sekunder diperoleh dari buku-buku, jurnal dan
penelitian terdahulu yang relevan. Instrumen penelitian dalam penelitian kualitatif
ini adalah peneliti itu sendiri (human instrument). Analisis data pada penelitian ini
menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa customer engagementpada madu
trigona queeny dalam membangun loyalitas pelanggan yang dilakukan sudah
cukup baik dengan menerapkan indikator customer engagement, yaitu: 1.
Antusiasmeuntuk menarik pelanggan, yaitu dengan membuat iklan yang menarik
dan menampilkan video mulai dari teknik panen hingga pengemasan produk serta
menjaga kualitas produk dengan menjaga kebersihan pada saat proses panen. 2.
Perhatian yang diberikan yaitu dalam bentuk mengatasi keluhan yang dialami oleh
pelanggan.3.Absorpsi, untuk memprioritaskan dan menyenangkan pelanggan
yaitu dengan memberikan bonus dan potongan harga kepada pelanggan.4.
Interaksi, bentuk interaksi yang dilakukan yaitu dengan follow up customer dan
menjalin komunikasi yang baik dengan pelanggan. 5. Identifikasi untuk
meyakinkan pelanggan yang masih ragu dengan mengirimkan testimoni dan
meyakinkan dengan menjelaskan khasiat yang terkandung dalam madu trigona
queeny.
Kata Kunci: customer engagement, loyalitas, pelanggan

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 03 Mar 2023 06:38
Last Modified: 03 Mar 2023 06:38
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5639

Actions (login required)

View Item View Item