PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN BERBASIS AYAT-AYAT AL-QURAN PADA SISWA KELAS V MI DATOK SULAIMAN KOTA PALOPO

DINDA, DINDA (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN BERBASIS AYAT-AYAT AL-QURAN PADA SISWA KELAS V MI DATOK SULAIMAN KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of DINDA.pdf] Text
DINDA.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Dinda, 2021, “Pengembangan Lembar Kerja Siswa Dengan Pendekatan
Kontekstual Pada Subtema Manusia dan Lingkungan Berbasis
Ayat-Ayat Al-Qur‟an Pada Siswa Kelas V MI Datok Sulaiman
Palopo.”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah
Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama
Islam Negeri Palopo. Pembimbing (I) Mawardi dan Pembimbing
(II) Sumardin raupu.
Skripsi ini membahas tentang prosedur dan kelayakan pengembangan lembar
kerja siswa dengan pendekatan kontekstual pada subtema manusia dan lingkungan
berbasis ayat-ayat Al-Qur‟an pada siswa kelas V MI Datok Sulaiman Palopo.
Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mengetahui proses pengembangan lembar kerja
siswa dengan pendekatan kontekstual pada subtema manusia dan lingkungan
berbasis ayat-ayat Al-Qur‟an pada siswa kelas V MI Datok Sulaiman Palopo (2)
Mengetahui kelayakan lembar kerja siswa dengan pendekatan kontekstual pada
subtema manusia dan lingkungan berbasis ayat-ayat Al-Qur‟an pada siswa kelas
V MI Datok Sulaiman Palopo. Penulis mengacu pada model pengembangan
ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu Analyze, Design, Development,
Implementation, and Evaluation. Namun pada penelitian ini, penulis hanya
melakukan penelitian sampai pada tahap Development atau pengembangan.
Penelitian ini dilakukan di kelas V MI Datok Sulaiman Palopo, adapun subjek
pada penelitian ini yakni siswa kelas V yang berjumlah 39 siswa. Penelitian ini
juga menggunakan beberapa instrumen seperti wawancara guru, angket siswa dan
tes siswa, kemudian dianalisis secara kualitatif. Dapat dilihat dari analisis
kurikulum, analisis karakteristik peserta didik dan analisis materi. Tahap
perancangan lembar kerja siswa telah melalui revisi berdasarkan masukan dan
saran para ahli seperti ahli materi dan desain, ahli bahasa, dan ahli ayat-ayat Al�Qur‟an. Untuk mengetahui kevalidan atau kelayakan produk yang dikembangkan
dilakukan uji validitas oleh beberapa pakar ahli diantaranya, hasil validasi dari
ahli materi memperoleh presentase 87,5% dengan kategori sangat valid, adapun
hasil validasi dari ahli bahasa memperoleh presentase 87,5% dengan kategori
sangat valid, dan hasil validasi oleh ahli ayat-ayat Al-Qur‟an memperoleh
presentase 90% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hal tersebut dapat
disimpulkan bahwa lembar kerja siswa dengan pendekatan kontekstual pada
subtema manusia dan lingkungan berbasis ayat-ayat Al-Qur‟an pada tingkat
SD/MI yang dikembangkan oleh penulis memenuhi criteria kevalidan dengan
kategori sangat valid.
Kata Kunci : Lembar Kerja Siswa, Kontekstual, Ayat-Ayat Al-Qur‟an

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 03 Mar 2023 08:11
Last Modified: 03 Mar 2023 08:11
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5648

Actions (login required)

View Item View Item