NURJANNA, NURJANNA (2023) IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENDIDIK DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN DI UPT SMP NEGERI 01 MASAMBA KABUPATEN LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Text
NURJANNA.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Nurjanna, 2023. “Implementasi Manajemen Pendidik dalam Peningkatan
Pembelajaran di UPT SMP Negeri 01 Masamba Kabupaten
Luwu Utara” Skripsi Program Studi Manajemen Pendidikan
Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama
Islam Negeri Palopo. Dibimbing Oleh Hasri dan Tasdin
Tahrim.
Skripsi ini membahas tentang implementasi Manajemen Pendidik dalam
peningkatan pembelajaran di UPT SMP Negeri 01 Masamba Kabupaten Luwu
Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pembelajaran, untuk
mengetahui manajemen pendidik, dan untuk mengetahui implementasi
manajemen pendidik dalam peningkatan pembelajaran di UPT SMP Negeri 01
Masamba Kabupaten Luwu Utara.
Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan menggunakan pendekatan
penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru
wali kelas, guru pendidikan agama Islam dan guru olahraga UPT SMP Negeri 01
Masamba Kabupaten Luwu Utara.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) Gambaran pembelajaran di
UPT SMP Negeri 01 Masamba Kabupaten Luwu Utara. Dalam proses
perencanaan pembelajaran di UPT SMP Negeri 01 Masamba Kabupaten Luwu
Utara diawali dengan persiapan perangkat pembelajaran dan bahan ajar.
Sementara, proses pembelajaran bejalan dengan baik sesuai dengan kurikulum
yang berlaku meskipun ada beberapa kendala yang dialami pendidik dalam proses
belajar mengajar, seperti kurang fokusnya siswa dalam proses belajar mengajar
serta kurangnya etika dan sopan santun siswa di dalam kelas. Penilaian hasil
pembelajaran dilakukan tiap satu pekan, tengah semester dan akhir semester. (2)
Manajemen pendidik di UPT SMP Negeri 01 Masamba Kabupaten Luwu Utara.
Perencanaan pendidik dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu, Analisis
kebutuhan guru, analisis sesuai dengan jam pokok yang harus dilaksanakan setiap
hari. Dan mempersiapkan bahan ajar serta metode yang akan digunakan.
Sementara pengembangan SDM, dilakukan melalui kegiatan komunitas praktisi,
kegiatan MGMP, dan mengikuti program guru penggerak. Dan penilaian kinerja
dilakukan setahun sekali. (3) Implementasi manajemen pendidik dalam
peningkatan pembelajaran dilakukan melalui perencanaan pendidik yang
diarahkaan oleh kepala sekolah. Tetapi ada beberapa kendala yang dialami kepala
sekolah berdasarkan kurikulum yang berlaku dimana masih ada mata pelajaran
yang belum ada alumninya. Seperti mata pelajaran prakarya, dan bahasa bugis
mulok. Adapun solusi kepala sekolah mata pelajaran tersebut diajarkan oleh guru
yang bukan berlatar pendidikan itu tetapi memahami tentang mata pelajaran
tersebut dan siap mengambil alih. Pegembangan SDM di atur oleh kepala sekolah
dan penilaian kinerja juga dilakukan oleh kepala sekolah dan tim pengawas.
Penilaian kinerja biasanya dilakukan oleh kepala sekolah satu hari sebelum tim
pengawas datang kesekolah.
Kata kunci: Manajemen Pendidik, Pembelajaran
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Harding Sulu |
Date Deposited: | 06 Mar 2023 02:05 |
Last Modified: | 06 Mar 2023 02:05 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5663 |
Actions (login required)
View Item |