ASRA, ASRA (2022) IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 2 LUWU KECAMATAN WALENRANG KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Text
ASRA 1.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Asra, 2022. “Implementasi Layanan Bimbingan Konseling dalam Meningkatkan
Kedisiplinan Peserta Didik di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2
Luwu Kecamatan Walenrang Kabupaten Luwu.” Skripsi program Studi
Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh: Dr. Taqwa, M.Pd.I. dan
Tasdin Tahrim, S.Pd., M.Pd.
Skripsi ini membahas tentang Implementasi Layanan Bimbingan
Konseling dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik di Sekolah Menengah
Atas (SMA) Negeri 2 Luwu. Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui
implementasi layanan bimbingan konseling dalam meningkatkan kedisiplinan
peserta didik di SMA Negeri 2 Luwu Kecamatan Walenrang Kabupaten Luwu;
Untuk mengetahui eksistensi layanan bimbingan konseling dalam meningkatkan
kedisiplinan peserta didik di SMA Negeri 2 Luwu Kecamatan Walenrang
Kabupaten Luwu; Untuk mengetahui faktor penghambat yang dihadapi BK dalam
meningkatkan kedisiplinan peserta didik di SMA Negeri 2 Luwu Kecamatan
Walenrang Kabupaten Luwu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui observasi,
wawancara (interview), dan dokumentasi. Kemudian, data yang telah diperoleh
dianalisis melalui tiga tahapan, yakni: data reduction, data display, dan
conclusion drawing/verification.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Implementasi layanan
bimbingan konseling dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik di SMA
Negeri 2 Luwu telah meningkat dengan adanya kerja sama dari berbagai pihak
lainnya, yakni: kepala sekolah, kesiswaan, guru BK, wali kelas, komite sekolah,
satpam, peserta didik, dan guru mata pelajaran; 2) Eksistensi layanan bimbingan
konseling di SMA Negeri 2 Luwu itu telah benar-benar menunjukkan
keberadaannya yakni untuk mengatasi masalah peserta didik melalui pelayanan
bimbingan konseling dengan menerapkan layanan bimbingan konseling pola 17
dalam penanganan masalah peserta didik; 3) Faktor penghambat yang dihadapi
guru BK dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik di SMA Negeri 2 Luwu
ada beberapa faktor, yakni faktor internal dan faktor eksternal. faktor internal
meliputi faktor pembawaan dan kesadaran, misalnya: kurangnya kesadaran
peserta didik terkait tata tertib yang berlaku di sekolah sehingga menyebabkan
mereka terkadang melanggar aturan tersebut. Kemudian, faktor eksternal yakni
faktor dari luar diri peserta didik.
Kata Kunci: Implementasi, Layanan Bimbingan Konseling, Kedisiplinan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Harding Sulu |
Date Deposited: | 07 Mar 2023 07:04 |
Last Modified: | 07 Mar 2023 07:04 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5706 |
Actions (login required)
View Item |