NURHAYATI, NURHAYATI (2022) AKTUALISASI KERJASAMA GURU DAN ORANG TUA DALAM PROSES PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DI SMP NEGERI 1 TOMONI KABUPATEN LUWU TIM. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Text
NURHAYATI.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Nurhayati, 2022. Aktualisasi Kerjasama Guru dan Orang Tua dalam Proses
Pembelajaran Blended Learning di SMP Negeri 1 Tomoni Kabupaten
Luwu Timur, pada program Pascasarajana Manajemen Pendidikan
Islam, Institut Agama Islam Negeri Palopo, Pembimbing I, Dr. Munir
Yusuf, S.Ag., MPd. dan Pembimbing II, Dr. Ahmad Syarief Iskandar,
S.E., M.M.
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mendeskripsikan Bagaimana bentuk
kerja sama orang tua dan guru dalam pelaksanaan pembelajaran Blended learning
di SMP Negeri 1 Tomoni Kabupaten Luwu Timur. 2) Untuk mengetahui faktor
mempengaruhi kerja sama orang tua dan guru dalam proses pembelajaran Blended
Learning di SMP Negeri 1 Tomoni Kabupaten Luwu Timur. 3) Untuk mengetahui
peningkatan proses pembelajaran Blended Learning pada siswa SMP Negeri 1
Tomoni dari hasil kerja sama orang tua dan guru. Jenis penelitian ini adalah
penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengangkat
fakta, keadaan, variabel, dan fenomena-fenomena yang terjadi. Pendekatan
penelitian ini adalah psikologis sosiologis dan menejemen. Sumber data yang
dipakai adalah data primer dan data sekunder. Teknik dan instrumen pengunpulan
data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Bentuk kerja sama orang tua
dan guru dalam pelaksanaan pembelajaran Blended learning di SMP Negeri 1
Tomoni Kabupaten Luwu Timur adalah Guru mata pelajaran dan wali kelas
membuat Whatsapp Group, kemudian Guru menyiapkan aplikasi penunjang
pembelajaran seperti Zoom Meeting dan Google Form. Kemudian guru membuat
penjadwalan oleh seluruh guru mata pelajaran. Bentuk kerja sama guru dan orang
tua peserta harus memberikan pengarahan mengenai model pembelajaran blended
learning. Dalam proses pembelajaran daring, orang tua harus melakukan
pendampingan langsung terhadap anaknya. 2) Tantangan kerja sama orang tua dan
guru dalam proses pembelajaran Blended Learning di SMP Negeri 1 Tomoni
Kabupaten Luwu Timur adalah peserta didik cepat mengenal dan mengetahu
aplikasi penunjang proses pembelajaran daring. Kemudian guru memberikan
pengarahan bentuk kerja sama yang hendak dilakukan oleh guru dan orang tua.
Setiap proses pembelajaran dan penugasan yang diberikan oleh guru mata
pelajaran, maka guru punya tanggung jawab untuk melakukan pendampingan
terhadap anaknya. Guru juga harus menjalin komunikasi yang baik antara guru,
orang tua dan peserta didik dengan cara menanyakan kabar dan kondisi peserta
didik. Dengan adanya pembelajaran daring, maka orang tua akan secara langsung
memberikan bimbingan terhadap sikap keagamaan peserta didik. 3) Peningkatan
proses pembelajaran Blended Learning pada siswa SMP Negeri 1 Tomoni dari
hasil kerja sama orang tua dan guru adalah adanya peningkatkan dari hasil belajar
berkat pengawasan yang dilakukan orang tua terhadap anaknya. orang tua merasa
bangga karena anaknya mampu belajar mandiri dan disiplin dalam mengerjakan
dan menyetor tugas yang diberikan oleh guru. Selain itu sikap keagamaan peserta
didik akan dapat bimbingan langsung dari orang tua.
Kata Kunci : Kerjasama Guru dan Orang Tua dan Pembelajaran Blended
Learning
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi S-2 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Harding Sulu |
Date Deposited: | 07 Mar 2023 07:26 |
Last Modified: | 07 Mar 2023 07:26 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5708 |
Actions (login required)
View Item |