STUDI TENTANG PELAYANAN HAJI DI KEMENTERIAN AGAMA KOTA PALOPO

FARIDA, RISTA NUNUNG (2020) STUDI TENTANG PELAYANAN HAJI DI KEMENTERIAN AGAMA KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of RISTA NUNUNG FARIDA.pdf] Text
RISTA NUNUNG FARIDA.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Nama : Rista Nunung Farida. Nim : 16.01.03.0068
Judul : Studi Tentang Pelayanan Haji di Kementerian Agama Kota Palopo
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk pelayanan yang
ada di Kementerian Agama Kota Palopo khususnya pelayanan yang ada pada
seksi Pelayanan Haji, dan kendala-kendala apa saja yang terjadi dalam pelayanan
serta solusi yang diberikan dalam mengatasi hambatan yang ada dalam pelayanan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan
analisis deskriptif. Pengumpulan datanya dilakukan dengan cara observasi,
wawancara, serta dokumentasi. Kemudian data dan informasi yang diperloleh
merupakan hasil observasi dan wawancara dengan petugas penyelenggara haji di
Kementerian Agama Kota Palopo.
Setelah dilakukannya penelitian, dapat diketahui bahwa pelayanan yang
diberikan kepada calon jamaah haji diantaranya yaitu, pelayanan pendaftaran,
bimbingan manasik haji, pelayanan akomodasi, pelayanan transportasi, pelayanan
konsumsi, pelayanan kesehatan, serta pelayanan keamanan. Selain itu, mengenai
kendala-kendala yang muncul dalam pelayanan haji yaitu ketidakcocokan berkas
calon jamaah haji antara satu berkas dengan berkas yang lainnya, serta mayoritas
jamaah haji pertama kali naik pesawat untuk bepergian jauh hingga ke luar negeri,
tidak tersedianya tempat khusus untuk foto sebagai kelengkapan berkas bagi
jamaah haji sehingga calon jamaah haji harus ke studio foto yang lokasinya
berjauhan dengan kantor kementerian agama kota Palopo, jamaah haji merasa
gerah dan tidak nyaman saat mengikuti manasik haji pada tingkat kabupaten yang
dilaksanakan di aula kantor kementerian agama kota Palopo karena kondisi
ruangan yang gerah dan sumpek karena pendingin ruangan tidak berfungsi secara
maksimal. Terkait dengan solusi yang diberikan yaitu petugas memeriksa berkas
tiap-tiap jamaah dengan teliti dan jika terdapat ketidakcocokan sesegera mungkin
menghubungi jamaah haji untuk memperbaiki agar berkas dapat disesuaikan
kembali, selain itu juga dilakukan pembinaan secara maksimal kepada jamaah
haji, perlunya untuk meningkatkan kuallitas dan perbaikan sarana dan prasarana
yang ada di kementerian agama kota Palopo agar calon jamaah haji merasa
nyaman.
Implikasi penelitian ini, 1) Pemerintah pusat harus memperhatikan
kekurangan yang ada di kementerian agama kota Palopo seperti, melengkapi serta
memperbaiki sarana dan prasarana di kementerian agama kota Palopo, seperti
menyediakan tempat untuk pelaksanaan manasik haji serta hal-hal pendukung
dalam melaksanakan manasik haji. 2) kementerian agama kota Palopo khususnya
pengelola ibadah haji hendaknya memberikan praktek pelaksanaan haji agar
jamaah tidak merasa asing saat melaksanakan ibadah haji di Arab Saudi nantinya.
3) Antara petugas pengelola haji dan calon jamaah haji harus ada kerja sama yang
baik agar proses pelayanan dan pelaksanaan ibadah haji dapat berjalan dengan
lancar. 4) Pemerintah Arab Saudi dan pemerintah Indonesia hendaknya
memberikan solusi yang tepat dalam menanggapi daftar tunggu haji.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X4.15 Haji
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi S-1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 08 Mar 2023 00:12
Last Modified: 08 Mar 2023 00:12
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5714

Actions (login required)

View Item View Item