SARI, NINGSI JAYA (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA DALAM MENULIS KARANGAN MELALUI CINEMATOGRAPHY BERBASIS NEUROLINGUISTIK PADA SISWA KELAS V DI SDN 50 BULU’DATU PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Text
NINGSI JAYA SARI.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Ningsi jaya sari, 2019“Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Dalam Menulis
Karangan Melalui Cinematography Berbasis Neurolinguistik Pada Siswa
Kelas V Di SDN 50 Bulu’datu Palopo”. Skripsi_.Program Studi
Pendidikan Guru Madrasah IbtidaiyahFakultas.Tarbiyah danIlmuKeguruan
Institut Agama Islam Negeri(IAIN) Palopo,Pembimbing (I)Munir Yusuf,
S.Ag.,M.Pd. dan Pembimbing II Dr. Edhy Rustan, M.Pd.
Kata kunci: Pengembangan Bahan Ajar Melalui Cinematography Berbasis
Neurolinguistik
Pokok permasalahan dalam skripsi ini adalah 1) Untuk mengetahui desain
bahan ajar Bahasa Indonesia dalam menulis karangan melalui cinematography
berbasis neurolinguistik yang valid dan efektif. 2) untuk mengembangkan bahan ajar
dalam menulis karangan melalui cinematography berbasis neurolinguistik yang
menarik.
Penelitian ini merupakan metode penelitian Research & Development (R&D).
Untuk mengembangkan produk, penelitian kali ini menggunakan model
pengembangan 4-D yang terdiri dari empat tahap yaitu: (1) tahap define, (2) tahap
design, (3) tahap develop, dan (4) tahap disseminate. Dalam penelitian ini dilakukan
hanya tiga tahap saja, yaitu sampai tahap develop karena keterbatasan waktu dan
biaya.Penelitian ini dilakukan di kelas V SDN 50 Buludatu Palopo, yang bertindak
sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 27 orang. Teknik
pengumpulan data pada penelitian ini yaitu: observasi,dokumentasi, Angket, dan
Validasi. Analisis data yang digunakan peneliti itu untuk menguji kevalidannya yaitu
menggunakan rumus Aiken’s dan untuk analisis data angket respons siswa dan
observasi menggunakan analisis statistik deksriptif.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bahan ajar Bahasa Indonesia melalui
cinematography berbasis Neurolinguistik ini dikatakan valid dan efektif oleh tiga
validator dengan 3 kali revisi sehingga bisa dikatakan valid dan dapat diuji cobakan
dengan jumlah nilai V (Aikens) diperoleh 0,78.Kemudian bahan ajar ini dapat
dikatakan menarik, karena dari 27 siswa mendapatkan presentase sebanyak 40,74%
sangat setuju kemudian yang setuju 48,14 % dan netral sebanyak 11,11%.
Dengan demikian penelitian ini perlu disosialisasikan sehingga dapat menjadi
pertimbangan guru di sekolahdalam meningkatkan keterampilan mengarang pada
siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Harding Sulu |
Date Deposited: | 08 Mar 2023 06:48 |
Last Modified: | 08 Mar 2023 06:48 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5723 |
Actions (login required)
View Item |