EKA INDAH LESTARI, EKA (2021) ANALISIS PENGARUH PROSEDUR, REPUTASI DAN PELAYANAN TERHADAP KURANGNYA MINAT USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DALAM MENGAJUKAN PEMBIAYAAN DI BANK BRI SYARIAH KCP KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
![[thumbnail of EKA INDAH LESTARI.pdf]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
EKA INDAH LESTARI.pdf
Download (1MB)
Abstract
ABSTRAK
Eka Indah Lestari, 2020,“Analisis pengaruh prosedur, reputasi dan pelayanan 
terhadap minat usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dalam 
mengajukan pembiayaan di Bank BRI Syariah KCP Kota Palopo.” 
Skripsi Fakultas Ekonomi dan bisnis islam (dibimbing oleh 
Tadjuddin, SE., M.Si., Ak., CA., CSRS., CAPM., CAPF., CSRA. 
Dan Muzayyanah Jabani, ST., MM.)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh prosedur, reputasi dan 
pelayanan terhadap minat UMKM dalam mengajukan pembiayaan di Bank BRI 
Syariah KCP kota Palopo, baik secara parsial maupun simultan, dan untuk 
mengetahui faktor apakah yang paling dominan berpengaruh terhadap minat 
UMKM mengajukan pembiayaan di Bank BRI Syariah KCP kota Palopo. Metode 
yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan 
menggunakan SPSS For Windows Versi 23. Populasi dalam penelitian ini adalah 
pelaku UMKM yang ada di Kota Palopo sebanyak 6.327 UMKM dengan sampel 
sebanyak 99 responden. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dan 
data sekunder, metode pengumpulan data dengan menggunakan metode 
koesioner yaitu pengumpulan data berupa pernyataan untuk memperoleh 
tanggapan dari sejumlah responden. Dengan menggunakan alat ukur berupa uji 
validitas dan reliabilitas untuk mengetahui validnya hasil penelitian dan reliabel 
dalam Cronbach Alpha 0,60. Selanjutnya dengan menggunakan analisis data 
dengan menggunakan metode yaitu analisis regresi linear berganda dan 
menggunakan pengujian hipotesis yaitu uji T, uji F dan uji R2
. Hasil penelitian uji 
t menunjukkan bahwa nilai signifikansi dari variabel independen yaitu prosedur 
sebesar (0,246), reputasi sebesar (0,089) dan pelayanan sebesar (0,000) secara 
parsial berpengaruh positif dan signifikan. Hasil penelitian uji F menunjukan 
bahwa terdapat pengaruh positif secara bersama-sama antara variabel prosedur, 
reputasi, dan pelayanan terhadap minat UMKM mengajukan pembiayaan di bank 
BRI syariah. Dari koefisien determinasi diketahui bahwa 64,0% terhadap minat 
nasabah UMKM mengajukan pembiayaan pada lembaga keuangan syari‟ah dapat 
di jelaskan oleh variabel prosedur, reputasi dan pelayanan. Sedangkan sisanya 
sebesar 0,36% di pengaruhi oleh faktor-faktor lain atau variabel-variabel lain 
yang tidak di masukkan kedalam penelitian ini. Dari model regresi tersebut dapat 
diketahui bahwa pelayanan merupakan variabel yang paling mempengaruhi minat 
UMKM mengajukan pembiayaan di bank BRI syariah.
Kata Kunci : Prosedur, Reputasi, Pelayanan, Minat UMKM
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | 300 Ilmu sosial > 332.1 Bank, Perbankan | 
| Divisions: | Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah | 
| Depositing User: | Harding Sulu | 
| Date Deposited: | 14 Mar 2023 06:23 | 
| Last Modified: | 14 Mar 2023 06:23 | 
| URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5746 | 
